Cara Jitu Mempromosikan Bisnis Waralaba Minuman

Wednesday, September 21st 2016. | Tips Bisnis

bisnis waralaba minumanBeberapa waktu lalu saya sempat membahas mengenai kiat dalam memilih franchise, tapi saya sendiri cukup jarang membahas dunia franchise dari sudut pandang franchisor, alias pemilik bisnis franchise.

Karenanya kali ini saya akan mencoba membahasnya secara spesifik, yakni pada bisnis waralaba minuman.

Kenapa bisnis waralaba minuman? Karena bisnis waralaba ini termasuk jenis waralaba yang paling banyak di Indonesia. Bisnis waralaba untuk jenis produk minuman ini sangat banyak dalam beragam varian pula.

Dari model minuman murah seharga Rp. 1000-an hingga harga premium puluhan ribu per cup. Dari minuman simpel macam es teh hingga minuman blending dari beragam bahan.

Baca Juga : Satu Lagi Franchise Makanan Dan Minuman Murah Yang Cocok Untuk Anda

Begitu padatnya persaingan, sehingga Anda perlu jeli dalam mengembangkan bisnis waralaba minuman Anda. Karena bila Anda salah dalam menentukan langkah strategis, bisa jadi bisnis franchise minuman Anda kuncup sebelum berkembang…Hallaaahh…

Salah satu langkah strategis paling penting adalah adalah langkah promosi. Salah satu pertanyaan besar dalam membuka bisnis waralaba, termasuk bisnis waralaba minuman adalah bagaimana cara tepat dalam mempromosikan bisnis ini?

Memikat konsumen saja sudah susah, lha ini memikat pelaku usaha lain untuk mau menjalankan bisnis Anda. Gimana gak lebih sulit?

Nah untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara tepat dalam mempromosikan bisnis franchise minuman Anda, berikut ini adalah beberapa cara promosi franchise minuman yang bisa Anda tempuh.

  1. Manfaatkan semua media promosi
    Bagaimana Anda bisa membuat orang lain tau keberadaan bisnis minuman Anda bila Anda tidak woro-woro. Ups… kok pake bahasa planet ya….woro-woro tu sama dengan kabar-kabari. Jadi Gunakan semua media promosi yang bisa ada, mulai dari pamflet, iklan majalah dan Koran hingga mendaftarkan bisnis franchise / waralaba minuman Anda pada directory-directory waralaba di internet.
  2. Manfaatkan internet
    Sebenarnya poin ini masih nyambung dengan poin pertama tadi. Tapi di sini Anda menjadikan media internet sebagai bagian dari sistem pemasaran dalam manajemen. Buatlah web, facebook page dan masih banyak sosial media lain untuk menjalin koneksi dengan calon pembeli waralaba Anda. Di sini Anda tidak sekedar memberitakan pada pasar keberadaan waralaba Anda, tetapi Anda juga berkomunikasi dua arah dengan mereka yang tertarik pada bisnis waralaba minuman Anda. Anda juga bisa memberikan informasi yang lebih detil tanpa batasan space sehingga pasar bisa mendapatkan informasi dengan lengkap untuk bisa menjalankan waralaba Anda ini.
  3. Menjadi peserta pameran
    Cara ini cukup jitu untuk mendekatkan diri Anda pada mereka yang memang tertarik untuk menjadi franchisee. Mereka yang datang ke pameran setidaknya sekitar 70 % adalah mereka yang memang ingin mencari usaha waralaba yang cocok. Datangkan sebanyak-banyaknya orang ke booth Anda dan hadirlah di sana. Anda harus siap dengan semua pertanyaan dan bisa jadi tanpa Anda tim di bawah Anda tidak bisa sepenuhnya memuaskan kebutuhan informasi mereka.
  4. Siapkan kantor offline
    Sulit menciptakan koneksi yang baik dalam bisnis waralaba, termasuk bisnis minuman tanpa Anda bisa membangun kepercayaan. Salah satu cara paling tepat dalam membangun kepercayaan adalah dengan membuat kantor offline, sehingga calon franchisee bisa bertemu langsung dengan Anda, bisa melihat langsung proses produksi Anda dan semua aktivitas usaha Anda. Keterbukaan Anda adalah salah satu poin penting di sini
  5. Bangun usaha real Anda dulu
    Seorang pembeli waralaba tidak akan mempercayakan dananya untuk membeli hak waralaba Anda bila mereka tidak melihat dengan kepalanya sendiri bagaimana usaha Anda berjalan menjanjikan. Jadi bila usaha Anda adalah bisnis minuman booth, maka bangun booth Anda, sukseskan usaha Anda ini dan buktikan usaha Anda memang layak mereka jalankan.
  6. Kelola Manajemen Anda dengan baik
    Tidak akan ada franchisee yang percaya pada Anda bila Anda terlihat tidak profesional. Sekalipun Anda adalah pendatang baru, Anda tetap harus mengelola manajemen Anda dengan baik.
  7. Perhatikan kepentingan fanchisee
    Jangan abaikan kepentingan fanchisee, kapanpun ada kontrak baru Anda siap dengan booth dan semua peralatannya seperti jar, blender, ice box dan mesin cup sealer. Dan pastikan Anda tidak pernah kehabisan bahan baku. Lakukan kontinuitas promosi untuk membantu penjualan produk Anda di semua booth. Puaskan franchisee Anda dan mereka juga siap berpromosi untuk Anda.

Apa masih ada lagi tips mempromosikan bisnis waralaba minuman selain 6 tips di atas? Di tunggu masukannya ya…

(sumber gambar artikel bisnis waralaba minuman : www.lamikaayo.com)

tags: , , ,