Mengulik Aneka Peluang Usaha Di Batam

Tuesday, September 27th 2016. | Berita Bisnis, Peluang Usaha

peluang usaha di batamBila beberapa waktu lalu kami sempat mengulas mengenai beberapa peluang usaha yang bisa kita buka di kota Yogya dan di kota Balikpapan, maka kali ini kami akan mencoba menguak peluang usaha di Batam, salah satu kota kecil di propinsi Kepulauan Riau.

Sebagaimana kota-kota lainnya, setiap kota selalu memiliki ciri khas unik yang menjadikannya memiliki beberapa peluang usaha yang bisa Anda kembangkan secara spesifik. Kota Batam adalah sebuah kota di area perairan lepas pantai kawasan Sumatera dengan lokasi yang terbilang sangat dekat dari Singapura dan Malaysia.

Lokasi ini sudah dimanfaatkan secara ekonomi sejak berpuluh tahun lalu, bahkan mungkin sejak sebelum penjajahan Hindia Belanda. Batam sudah dikenal sebagai salah satu pintu gerbang perdagangan dan jalur trafik pergerakan penduduk dari Indonesia menuju Singapura dan Malaysia.

Dan tidak berhenti di situ, Batam juga dikenal sebagai salah satu pusat industri besar di Indonesia dengan setidaknya 27 kawasan industri, termasuk di dalamnya berbagai industri perkapalan, kelistrikan, garmen, baja, fabrikasi, plastik, elektronik dan lain sebagainya.

Batam juga berkembang menjadi salah satu destinasi wisata yang memikat dengan berbagai pesona kelautannya, berbagai wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya dan pusat perbelanjaan yang terus berkembang dengan pesat.

Perkembangan Batam terbukti dari perkembangan penduduk di kota ini yang mencapai 150 kali lipat setelah 40 tahun kawasan berikat ini di buka oleh Otorita Batam. Dan kini kota yang tercatat memiliki pertumbuhan ekonomi bahkan 2 kali lebih baik dari kecepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kami sampaikan beberapa fakta-fakta menarik dari kota ini untuk membuka wacana betapa besar peluang bisnis di Batam yang dapat Anda kembangkan, cukup dengan mengandalkan beberapa ciri khas yang terdapat dari kota ini.  Dan adapun beberapa peluang usaha di Batam yang bisa Anda kembangkan di kota ini antara lain :

1. Usaha asrama

Perkembangan pusat industri di kota ini bisa menjadi peluang besar untuk Anda membangun sebuah usaha property di kota ini dan menjadikannya sebagai asrama karyawan dan buruh. Jumlah penduduk pendatang di kota ini sangat tinggi, bahkan melebihi 60% dari total penduduk asli kota Batam dan sebagian besar adalah penduduk sementara yang memilih tinggal di asrama ketimbang menetap permanen dan membeli rumah di kota ini. Ini jelas potensi menarik, karena harus diakui harga property di kota ini relatif tinggi sehingga nilai sewa kamar asrama di kota ini juga tidak kalah tinggi.

2. Usaha kuliner

Jumlah penduduk di kota ini relatif tinggi dengan pendatang yang tinggi. Lazim kalau kemudian di kota ini juga berkembang potensi besar untuk usaha kuliner. Anda bisa mengembangkan bisnis kuliner dari sekedar warung makan sederhana untuk kalangan buruh yang sudah pasti membutuhkan suplai makan dengan harga miring, sampai usaha kuliner makanan khas, aneka makanan oleh-oleh dan juga beberapa usaha makan kelas premium untuk konsumen kelas menengah ke atas.

3. Usaha perikanan

Sebagai salah satu daerah penghasil ikan dan makanan laut yang kaya, Anda bisa mengembangkan usaha terkait perikanan di kawasan ini. Mulai dari usaha keramba sampai usaha perdagangan ikan dan distribusi ikan. Anda bahkan bisa bermain dalam pasar ekspor seafood bila Anda memang memiliki cukup modal. Ada banyak restoran sampai usaha kaki lima di kawasan ini yang siap menampung suplai ikan dari Anda. Pilihan lain adalah dengan menyalurkan ikan menuju kawasan daratan seperti ke kota Pekan baru.

4. Usaha wisata

Kota ini dikenal dengan beberapa destinasi wisatanya seperti kawasan pantainya, beberapa pulau eksotisnya lengkap dengan beberapa wahana wisata sejarah, wisata budaya seperti kuil-kuil tua dan beberapa wisata alam menarik termasuk hutan wisata dan kebun raya. Belum lagi berkembangnya pusat-pusat perbelanjaan yang demikian menjamur di kota ini. Anda bisa memanfaatkan pesona wisata dari kota ini dengan mengembangkan beberapa bisnis dalam bidang pariwisata, seperti usaha penginapan, usaha tour guide, paket wisata, usaha penjualan tiket dan masih banyak peluang usaha potensial lain dalam bidang pariwisata.

5. Usaha transportasi

Kota ini memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, baik itu untuk kepentingan bisnis, kerja maupun karena pariwisata. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan emas membuka peluang usaha di Batam berupa usaha transportasi. Anda bisa membuka usaha transportasi barang, pengiriman ekspedisi menuju dan dari daratan, persewaan mobil hingga kapal atau bahkan usaha transportasi taksi dan ojek, juga angkutan umum.

Anda lihat bukan? Dengan sederet potensi yang terbuka lebar dari kota Batam, Anda bisa memulai beragam pilihan ide peluang usaha di Batam dengan beragam pilihan tingkat usaha dan tingkat modal. Apa potensi terbaik yang bisa Anda temukan dari lokasi yang Anda miliki di kota Batam?

(sumber gambar artikel peluang usaha di batam : www.detaksumut.com)

tags: , ,