Mencicipi Hasil Besar dari Beragam Ide Usaha Barang Bekas

Saturday, September 3rd 2016. | Peluang Usaha

usaha barang bekasMencari ide usaha? Kenapa tidak mencoba ide usaha barang bekas. Meski kerap dipandang sebelah mata, rupanya usaha macam ini bisa juga kok memberi Anda hasil yang menjanjikan.

Malah beberapa pelaku usaha yang sudah duluan terjun dalam bisnis ini mengaku bisa menghasilkan omset tak kurang dari puluhan hingga ratusan juta tiap tahunnya.

Usaha barang bekas bisa menjadi sangat menguntungkan karena sebagian besar barang yang ditransaksikan tak lagi dianggap memiliki nilai ekonomis atau setidaknya sudah menurun nilai ekonomisnya. Sehingga beberapa bisa jadi Anda dapatkan dengan harga miring dan bisa jadi beberapa barang lain malah Anda dapatkan dengan gratis.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal Via Online

Padahal meski secara ekonomis harganya sudah habis, tak lantas produk sepenuhnya tidak bisa Anda manfaatkan. Kadang masa pakainya memang sudah habis, tetapi bila Anda kreasikan atau Anda olah kembali masih memungkinkan untuk Anda olah menjadi barang dengan nilai ekonomis baru.

Sekalipun Anda tidak cukup mampu berkreasi dengan produk baru dari barang bekas, bukan berarti tak banyak yang bisa Anda hasilkan dari barang bekas. Anda bisa menjalankan usaha barang bekas dalam bentuk usaha-usaha lain yang tidak berkaitan dengan proses produksi kembali.

Tampaknya ada banyak ide yang bisa Anda jalankan hanya dengan berbekal barang bekas. Adapun beberapa ide usaha barang bekas yang bisa Anda adopsi adalah sebagai berikut :

  • Usaha pengepul

Pengepulan barang bekas adalah ide usaha barang bekas yang paling banyak dipilih. Anda bisa memilih untuk menjalankan usaha pengepulan barang bekas secara umum atau jenis barang bekas khusus. Seorang ibu dengan 3 anak di Jakarta sukses dengan menjadi pengepul kertas bekas.

Baca Juga : Rahasia Sukses Pelaku Usaha Aksesoris Wanita

Stok kertas bekas didapat dari perkantoran yang ada di sekitar rumahnya. Dalam satu hari beliau berhasil mengumpulkan lebih dari 50 kg kertas bekas yang harus dipilah dan dipisahkan berdasar kondisi, warna dan ketebalan kertas. Kertas bekas ini akan dijual berdasar kualitas dari tiap kelompok kertas.

  • Usaha perbaikan

Anda bisa menjadi pengepul peralatan elektronik bekas seperti kipas angin bekas hingga tv bekas. Dari beberapa barang bekas tadi Anda bisa mengumpulkan onderdil dalam yang masih layak pakai, merakitnya kembali ke dalam salah satu perangkat da menjadikannya siap pakai kembali. Meski hanya bisa Anda jual dengan harga minim, tetapi kebanyakan tetap bisa Anda jual dengan harga di atas biaya yang Anda keluarkan untuk membeli barang-barang bekas tadi.

  • Usaha pembubukan

Beberapa barang bekas masih bisa diolah kembali menjadi barang serupa, seperti kertas, kaca, plastik, dan karet. Untuk itu banyak pabrik mencari bubuk barang bekas untuk diolah kembali. Di kawasan Jawa Timur Anda dengan mudah menemukan usaha pembuatan serbuk karet bekas yang diperoleh dari ban karet bekas dari truk dan bis besar. Karet dari ban besar ini berkualitas tinggi sehingga cocok untuk bahan baku banyak produk karet turunan dari karet bekas.

  • Usaha penjualan

Ide lain dalam menjalankan usaha barang bekas adalah dengan menjual barang bekas yang masih layak pakai. Ada banyak cara untuk menjual barang bekas. Mulai dengan membuka gerai barkas yang kini banyak dijalankan di berbagai kota besar sampai dengan membuka akun di beberapa portal jual beli dan melakukan penawaran di dalamnya. Strategi pemasaran yang jitu penting perannya di sini karena pasar membutuhkan jaminan kalau barang bekas yang Anda tawarkan memang sangat layak pakai.

  • Usaha daur ulang

Berbeda dengan ide pengepulan atau ide usaha pembubukan dimana Anda di sini hanya menyalurkan produk barang bekas ke produsen yang akan mengolah barang bekas menjadi barang siap pakai kembali. Di sini Anda justru mengolah barang bekas menjadi barang siap pakai yang sifatnya masih sama dengan produk lama. Misalkan saja usaha barang bekas pengolahan kertas daur ulang. Anda memproduksi kertas bekas dan melemparnya kembali ke pasar kerajinan tangan untuk diolah menjadi beragam produk kreatif.

Baca Juga : Gali Profit Besar Anda dari Bisnis Reseller Kaos Distro Anak

  • Usaha kreatif barang bekas

Di sini Anda berperan mengkreasikan barang dengan nilai ekonomi baru dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang kreatif. Misalkan saja membuat keset dari sisa kain perca, membuat langsung beragam kerajinan tangan tas dari bungkus bekas aneka minuman kemasan plastik, mengkreasi pot bunga dari kepingan lantai bekas, membuat lemari dari kaleng bekas dan masih banyak ide kreatif usaha lain. Dari barang-barang yang tidak lagi dihargai di pasar, rupanya masih banyak produk kreatif yang bisa Anda ciptakan dan menjadikannya produk dengan nilai ekonomis baru.

Ada banyak ide yang bisa Anda realisasikan untuk usaha barang bekas asal Anda mau peka dengan peluang dan potensi dari tiap barang dengan baik. Untuk berkembang dalam usaha barang bekas, yang Anda butuhkan adalah kemampuan berkreasi dan menemukan sisa manfaat serta nilai lebih yang masih bisa Anda dapatkan dari seonggok barang yang tak lagi dianggap bernilai.

(sumber gambar artikel usaha barang bekas : www.mervesert.wordpress.com)

tags: , ,