Tips Menjalankan Usaha Bengkel Motor Variasi

Tuesday, May 2nd 2017. | Tips Bisnis

usaha bengkel motorBerbeda dengan usaha bengkel motor perawatan yang cenderung bekerja untuk merawat dan memperbaiki kerusakan motor. Maka di sini usaha Anda terfokus pada teknik-teknik mendandani motor konsumen supaya sesuai dengan selera konsumen.

Dengan perbedaan model usaha, jelas keduanya membutuhkan cara kerja yang berbeda. Tidak hanya cara kerja, keduanya juga bisa jadi memiliki pasar potensial yang berbeda.

Karena untuk usaha bengkel motor variasi, Anda perlu menemukan konsumen khusus yang cukup tersegmentasi, yakni kelompok konsumen yang memang menggemari motor-motor modifikasi.

Kebanyakan dari kelompok konsumen usaha bengkel motor variasi cenderung berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas karena harus diakui untuk memodifikasi motor perlu biaya yang tidak kecil dan hanya kalangan ekonomi kelas inilah yang cukup memadai untuk memenuhi budget tersebut.

Baca Juga : 3 Tips Sukses Menjalankan Usaha Steam Motor

Lalu apa saja tips untuk bisa sukses dalam menjalankan peluang usaha bengkel variasi motor? Beberapa ide berikut ini bisa menjadi masukan untuk Anda.

  1. Lokasi tidak penting

Bila bengkel motor biasa membutuhkan lokasi yang strategis, kadang usaha bengkel motor variasi tidak mutlak mengharuskan Anda memilih lokasi yang strategis. Bila memang memungkinkan, pilih lokasi yang tidak akan memakan biaya sewa atau retribusi yang besar, karena dengan menekan biaya sewa ruang, Anda bisa menekan biaya operasional dan permodalan sehingga bisa pula Anda alokasikan untuk perangkat modifikasi yang kadang memakan biaya besar.

  1. Jalin hubungan dengan komunitas

Banyak penggemar motor modifikasi adalah kalangan tertentu yang tidak mudah Anda temukan. Cara terbaik untuk menemukan mereka adalah dengan mengenal komunitas-komunitas motor. Komunitas-komunitas ini mewadahi kegemaran mereka akan aktivitas motor modifikasi. Dengan menjalin hubungan baik dengan komunitas-komunitas ini Anda akan mendapatkan kesempatan menarik mereka menjadi konsumen bahkan pelanggan Anda.

  1. Maksimalkan dana pada perangkat dan produk modifikasi

Kekuatan dari usaha variasi motor terletak pada selengkap Anda dalam melayani permintaan konsumen. Semakin lengkap produk yang Anda sediakan, semakin banyak pelayanan dan kemampuan Anda dalam menghasilkan modifikasi akan semakin banyak peminat dari usaha Anda. Jadi jangan ragu memaksimalkan modal Anda untuk persediaan barang khusus untuk modifikasi dan variasi. Juga peralatan penting yang diperlukan dalam proses modifikasi.

  1. Jangan ragu inovasi dan belajar

Tidak ada standar baku dalam modifikasi motor. Semakin Anda kreatif dan canggih dalam melakukan modifikasi semakin baik hasilnya. Yang terpenting adalah bagaimana hasil kreasi ini bisa Anda rampungkan dengan rapi tetapi tetap mengedepankan urusan keamanan dan kenyamanan penumpang dan pengendara. Selalu up to date terhadap perkembangan modifikasi  dan jangan ragu mencari ide-ide anyar yang unik.

  1. Rekruit tenaga keja terbaik

Anda tidak mungkin merampungkan semua konsumen Anda bila hanya mengandalkan tenaga Anda sendiri, semahir apapun Anda. Jadi sebaiknya Anda tetap merekruit beberapa tenaga kerja untuk memenuhi kapasitas usaha Anda. Tetapi hindari sembarangan mencari tenaga kerja, karena di sini Anda tidak hanya melakukan urusan perbengkelan motor biasa, tetapi juga modifikasi yang jelas membutuhkan kemahiran lebih.

Baca Juga : Potensi Usaha Yang Menjanjikan, Bengkel Modifikasi Motor

  1. Temukan suplai terbaik

Masih soal bahan-bahan dan produk modifikasi, masalah kualitas selalu menjadi masalah krusial. Hindari membeli onderdil dan produk modifikasi dengan asal karena keamanan konsumen Anda jelas harus menjadi perhatian Anda. Tidak hanya itu, selalu perhatikan harga beli, sebaiknya pastikan Anda menemukan suplai yang murah sehingga bisa menekan ongkos modifikasi di usaha bengkel motor variasi Anda. Bagaimanapun harga yang bisa sedikit miring, bisa menarik minat konsumen.

  1. Buat produk contoh

Investasikan sejumlah dana Anda untuk membuat masterpiece dan jadikan motor andalan Anda ini sebagai media pamer kemampuan Anda.  Jadikan motor ini eksis dalam berbagai momen terkait penggemar motor modifikasi seperti  sebagai motor sponsor pembalap modifikasi di kota Anda. Ini akan membantu Anda meningkatkan pamor usaha bengkel motor variasi Anda.

Itulah beberapa ide menarik yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha bengkel motor variasi. Kini Anda memahami, menjalankan bisnis ini memang sangat potensial, tetapi juga memerlukaan beberapa pendekatan khusus untuk menarik konsumen yang tersegmentasi ini untuk menyerahkan performa dan penampilan motor mereka pada Anda.

(sumber gambar artikel usaha bengkel motor : www.austinmotoclassics.com)

tags: , , , ,