Potensi Usaha Coklat Pralin Rumahan

Tuesday, April 4th 2017. | Peluang Usaha, Tips Bisnis

usaha coklatJika Anda sedang mencari ide usaha rumahan yang mampu menghasilkan untung besar, maka salah satu ide usaha yang cocok untuk menjadi pilihan Anda adalah usaha coklat pralin rumahan. Usaha ini tergolong mudah dijalankan, sederhana, tidak memakan biaya besar dan juga mudah untuk dipasarkan.

Harus diakui makanan berbahan coklat merupakan salah satu penganan yang banyak digemari, mulai dari usia anak-anak sampai usia remaja dan dewasa. Apalagi belakangan juga ditemukan adanya efek positif coklat terhadap penanganan terhadap stress dan depresi.

Dan bicara soal usaha coklat, salah satu yang boleh kami katakan sebagai usaha coklat yang paling menarik adalah usaha coklat pralin. Coklat ini memiliki ciri khas, berukuran kecil dengan aneka bentuk yang lucu dan cantik lengkap dengan ragam rasa yang tersimpan di balik lapisan coklat di luarnya. Ini membuat coklat praline disukai segala usia dan digemari dalam banyak kesempatan.

Baca Juga : Usaha Rumahan yang Menjanjikan dari Manisnya Coklat Souvenir

Coklat ini konon ditemukan tidak sengaja oleh seorang chef ternama asal Perancis yang tanpa sengaja menumpahkan caramel pada remahan almond. Gumpalan almon lengket itu kemudian menjadi dasar dari adonan pralin yang oleh seorang ahli coklat asal Belgia ditambahkan siraman coklat untuk menambahnya terasa nikmat.

Kini pralin tidak hanya berisi caramel dan almond, tetapi juga aneka buah kering, aneka jenis saus buah dan kacang sampai beberapa jenis herbal dan rice crispy. Bahkan semakin banyak orang yang memberanikan diri menciptakan inovasi unik pralin dengan aneka jenis isi seperti nougat, marshmallow, jelly dan lain sebagainya.

Pralin disukai banyak kalangan karena berbentuk porsi-porsi kecil coklat yang kadang cukup untuk satu suapan. Sehingga bisa disimpan lama untuk dimakan  satu persatu juga bisa menjadi sajian di meja tamu untuk perjamuan.

Beberapa kali kami juga menemukan ide penggunaan coklat pralin sebagai sajian acara resepsi sampai souvenir untuk pernikahan. Selain tentu saja banyak orang juga suka menjadikan coklat pralin yang dikemas cantik sebagai hantaran.

Bagaimana memulai usaha coklat pralin ini dirumah Anda? Sederhana saja, karena sebenarnya bisnis ini hanya membutuhkan peralatan yang sudah tersedia di dapur Anda seperti kompor dan panci. Anda hanya perlu membeli beberapa jenis cetakan coklat lucu yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai toko bahan kue. Kadang dengan modal tak sampai 2 juta Anda sudah bisa memulai usaha coklat pralin ini.

Cara membuatnya juga tergolong mudah, cukup cairkan coklat leleh dalam panci. Cara melelehkannya juga mudah, gunakan dua panci, panci pertama berukuran besar untuk wadah air, dan di dalamnya masukan panci berukuran kecil untuk wadah coklat. Lelehkan coklat dengan perantara panas dari air yang direbus tadi supaya tidak gosong.

Lalu cetak coklat cair tadi dalam cetakan, masukan isian yang ingin Anda gunakan tepat di tengah coklat dan diamkan atau dinginkan sampai beku. Simpan dalam wadah tertutup dan letakan dalam ruang pendingin supaya lebih tahan lama.

Untuk penjualan, Anda perlu mengemas dulu coklat pralin ini dalam wadah-wadah yang cantik. Anda bisa manfaatkan stoples plastik yang sudah dihias, stopless kaca yang juga sudah dipercantik, wadah kaleng, jar kaca, sampai keranjang cantik buatan tangan yang dipadu padan dengan berbagai pernik hiasan. Yang jelas pastikan coklat terpisah dari satu dengan yang lain dengan mangkuk kertas dan tetap terjaga suhunya supaya tidak mencair dan rusak.

Bagaimana dengan pemasaran dari usaha coklat rumahan pralin ini? Ada banyak cara sederhana untuk menjual produk ini, mengingat pasar dari produk coklat pralin sendiri sangat luas. Anda bisa menjajal beberapa cara berikut  :

  • Membuka jaringan keagenan

Buka jaringan keagenan dengan beberapa orang yang sekiranya Anda kenal untuk menawarkan coklat buatan Anda ke pasar. Mudah saja, buat semacam katalog produk coklat yang Anda hasilkan dan minta agen Anda menawarkan produknya ke lingkungan mereka.

  • Jalin kerjasama

Produk coklat banyak disukai sebagai souvenir, bingkisan sampai hantaran jadi coba jalin kerjasama dengan even organizer atau wedding organizer untuk menjadikan coklat buatan Anda sebagai bagian dari sajian pernikahan atau sebagai souvenir acara. Kemas dengan cara yang cantik sesuai dengan event untuk menguatkan kesan coklat pralin buatan Anda tampil elegan sesuai event.

  • Sebagai supplier

Beberapa coffe shop juga membutuhkan sajian pendamping coklat yang menarik dan menjual, sedang coklat bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Untuk itu, jajal untuk menawarkan hubungan supplier kepada café – café sekitar Anda untuk menyediakan suplai coklat sebagai teman minum kopi yang nikmat. Cara yang sama juga bisa Anda terapkan pada usaha bakery.

  • Penjualan online

Apa sih yang tidak dijadikan online sekarang ini? Termasuk usaha coklat pralin milik Anda, juga bisa kok dibuat menjadi usaha online. Mulai dari memasarkannya via instagram, pinterest, facebook sampai melalui portal jual beli yang bertebaran di dunia maya.

Jadi apakah Anda tertarik menjajal usaha coklat pralin ini? Bila Anda tekun menjalankannya, bukan mustahil dalam tempo singkat Anda bisa menghasilkan omset hingga jutaan bahkan puluhan juta tiap bulannya. Menarik sekali bukan?

(sumber gambar artikel usaha coklat : www.keywordsuggest.org)

tags: , , , ,