Memulai Usaha Printing Digital

Monday, November 14th 2016. | Tips Bisnis

usaha printing digitalDi era serba digital dewasa ini ada satu peluang usaha dengan potensi yang sangat menggiurkan, yakni usaha printing digital. Usaha ini merupakan bentuk modern dari konsep percetakan dengan teknologi yang lebih canggih terdigitalisasi.

Ada banyak kelebihan dari metode printing digital seperti kecepatan dan akurasi dalam hasil pencetakan. Selain itu dengan printing digital Anda bisa mencetak dengan pilihan bahan yang lebih bervariasi. Tidak hanya terpaku pada kain seperti kaos atau bahan katun, tetapi juga pada akrilik yang menyerupai plastik.

Kaca, keramik, metal, fiber sampai stiker, kanvas dan bahan kulit sintetis. Ini memberi Anda lebih banyak pilihan dalam menjalankan usaha printing digital.

Baca Juga : Tips Sukses Membuka Usaha Toko Buku Dan Alat Tulis

Beberapa pelaku usaha printing digital bermain di pasar hulu dengan menghasilkan beragam cetak digital pada bahan kanvas dan kulit sintetis. Hasil cetak ini banyak dicari sebagai bahan baku industri pembuatan jok motor, sepatu, tas, dompet hingga wadah ponsel. Atau sebagai penyedia stiker skin body untuk untuk bengkel modifikasi motor dan mobil.

Selain itu Anda juga bisa bermain di pasar penyedia produk ritel seperti stiker, skin dan case ponel serta laptop, gantungan kunci akrilik dan jam sampai cetak tekstil. Biasanya Anda berproduksi secara massal sesuai dengan trend dan perkembangan pasar.

Sedang ide lain adalah dengan melayani pemesanan printing digital dari pihak personal, organisasi, instansi atau lembaga. Pesanan ini bisa berbentuk massal seperti pesanan kaos untuk kampanye calon kepala daerah, merchandise perusahaan atau souvenir untuk acara gathering. Bisa pula produk dibuat secara personal seperti mug dengan gambar diri, kaos pasangan custom dan lain sebagainya.

Untuk memulai usaha printing digital ini memang harus diakui tergolong besar. Selain Anda membutuhkan perangkat digital yang sudah mensupport sistem desain grafis yang membutuhkan kemampuan visual yang memadai, juga alat cetak printing digital yang biasanya memiliki nominal harga relatif tinggi.  Bahkan beberapa mesin printing digital standar bisa dibandrol mencapai angka puluhan juta per unitnya.

Meski demikian bisnis ini menjanjikan hasil yang besar. Anda bisa menghasilkan produk dengan kecepatan tinggi Anda, sehingga dapat pula membantu mempercepat jasa layanan Anda, selain tentu saja bisa melipatgandakan hasil penjualan. Kepraktisan dari metode cetak digital juga akan membantu Anda menekan beberapa lini biaya dalam produksi, menekan jumlah tenaga kerja juga membantu menghemat jam kerja.

Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, lalu bagaimana cara membuka usaha printing digital ini dalam skala pemula? Apa saja yang setidaknya harus Anda siapkan di awal usaha? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam membuka usaha digital printing pemula ini.

  • Peralatan

Bagian terpenting dalam sebuah usaha printing digital adalah perangkat elektronik utama seperti computer dengan sistem grafis memadai dan printer digital skala industri dengan ketajaman tinggi. Modal untuk peralatan termasuk yang paling banyak dari seluruh porsi modal usaha printing digital. Karena computer dengan spesifikasi yang memenuhi kebutuhan standar grafis setidaknya bernilai di atas 8 juta sampai belasan juta sesuai dengan spesifikasi. Sedang alat printing digital bisa bernilai kisaran belasan juta bahkan sampai puluhan juta.

  • Lokasi usaha

Lokasi usaha penting Anda tentukan di awal. Karena lokasi akan berkaitan dengan ruang usaha dan fokus dari usaha Anda. Bila Anda bekerja pada industri hulu, sebaiknya dekatkan usaha Anda dengan konsumen pasokan produk Anda untuk memotong jarak antara usaha Anda dengan produsen olahan produk Anda. Atau dekatkan usaha printing digital Anda dengan kawasan ramai bila usaha Anda terfokus pada industri printing digital personal.

  • Tenaga kerja

Usaha printing digital membutuhkan tenaga kerja khusus yang sudah memahami teknis dalam desain grafis dan teknik cetak dengan mesin digital. Beberapa teknis pengoperasian yang khusus membuat Anda tidak bisa sembarangan merekruit tenaga produksi.

  • Pasar penampung

Tentukan di awal, akan bergerak dalam industri apa usaha digital printing Anda, apa bahan yang akan Anda manfaatkan dan siapa pasar potensial dari produk Anda. Lancarkan pemasaran untuk menarik konsumen sedini mungkin, seperti dengan menjalin kerjasama dengan bengkel dan salon mobil serta motor bila Anda memproduksi skin body kendaraan, bekerjasama dengan perusahaan ritel perangkat ponsel kalau Anda memproduksi skin ponsel dan laptop. Atau buka penawaran khusus untuk event organizer sehingga mereka selalu melemparkan pengerjaan souvenir cetaknya pada usaha printing digital Anda.

  • Suplier bahan baku

Sudah soal kepastian pemasaran, saatnya memastikan produksi Anda berjalan lancar. Salah satunya dengan memastikan suplai bahan baku berjalan lancar. Mulai dari masalah suplai tinta sampai media pencetakan sesuai dengan fokus usaha Anda, seperti suplai kaos kalau Anda bergerak pada indusri sablon digital kaos. Pastikan suplai bahan baku Anda mampu memenuhi target produksi Anda.

Dalam memulai usaha digital printing dalam skala awal, aspek terpenting memang berputar pada kisaran persiapan produksi dan persiapan pemasaran. Demikian pula bila Anda berkeinginan membuka usaha printing digital sebagaimana kami sampaikan di atas.

(sumber gambar artikel usaha printing digital : www.bretagne-pleine-nature.com)

tags: , , , , , ,