Sumber Penghasilan Tambahan Dari Usaha Ritel Kelontong

Monday, April 17th 2017. | Peluang Usaha

usaha ritelMemiliki usaha ritel kelontong memang salah satu ide bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Dengan menyediakan beragam kebutuhan masyarakat pada umumnya, mulai dari sembako, aneka makanan dan minuman kemasan sampai jajanan anak-anak, Anda jelas memiliki pasar yang sangat luas dan mencakup dari berbagai kalangan.

Tetapi untuk memulai usaha ritel macam ini membutuhkan modal yang relatif besar. Ada cukup besar dana yang perlu Anda alokasikan untuk biaya peralatan toko seperti rak dan segala hal terkait display. Sementara alokasi besar lainnya perlu Anda arahkan untuk biaya persediaan yang kadang bisa mencapai angka belasan bahkan puluhan juta.

Baca Juga : Ini Dia Panduan Cara Usaha Kecil Kecilan yang Anda Cari

Meski dari sisi potensi keuntungan juga cukup menjanjikan, Anda tetap membutuhkan tambahan penghasilan bila Anda ingin dapat mencapai BEP dengan lebih cepat. Untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan pada usaha ritel, Anda bisa memanfaatkan beberapa aspek dari usaha Anda yang dapat menjadi potensi hasil, seperti beberapa ide berikut ini.

  1. Jasa Antar Belanja

Belakangan jasa usaha ritel online mulai marak berkembang. Anda khawatir usaha macam ini akan perlu modal besar? Sebenarnya tidak juga. Yang Anda butuhkan hanya sebuah armada dan tenaga kerja pengantaran. Dan tentu saja sebuah portal pemesanan via online, seperti via facebook, messanger atau dengan website. Kalau bagi Anda membuka jalur online dirasa terlalu rumit dan Anda khawatir cakupannya terlalu luas, sediakan saja jalur telepon untuk pemesanan via telepon. Akan banyak pelanggan dengan lokasi terjangkau yang membutuhkan antaran beras, gas, aqua galon atau malah berbagai belanjaan kebutuhan rumah tangga yang siap memanfaatkan jasa antar ini. Cukup kenakan biaya tambahan sesuai jarak tempuh untuk layanan ini. Bagi konsumen, tidak masalah kalau Anda juga mengenakan biaya tambahan pengantaran, daripada mereka harus keluar rumah dan berbelanja langsung ke toko Anda. Cara pesan antar ini jelas jauh lebih praktis.

  1. Jasa Paket dan Parsel

Pada musim tertentu beberapa konsumen membutuhkan sembako dalam jumlah besar untuk kebutuhan tertentu. Salah satu usaha ritel yang kami kenal misalkan selalu melayani pesanan paket zakat mal dan fitrah pada musim puasa. Sementara itu, di beberapa daerah di jawa kami temukan tradisi – tradisi tasyakuran dimana pesertanya akan mendapatkan paket berisi sembako yang juga bisa dilemparkan pengerjaannya pada usaha ritel ini. Sedang usaha ritel lain siap melayani pesanan paket ulang tahun dengan menyediakan bungkusan jajanan dengan pita hias untuk bingkisan ulang tahun anak-anak. Atau dengan menerima pesanan parsel berisi beragam makanan kemasan yang Anda sediakan di usaha ritel Anda. Anda bisa lemparkan pengerjaan parsel ini ke pihak ketiga yang biasa menggarap parsel untuk praktisnya.

  1. Berjualan Limbah Took

Semua usaha ritel pasti selalu menyisakan banyak barang limbah di gudang mereka. Ketimbang  menumpuk tidak jelas di gudang, kenapa tidak Anda jual saja ke penampung barang bekas di kota Anda. Anda bisa salurkan tumpukan kardus, stoples plastik, dan kotak-kotak karton dengan nilai yang cukup menarik. Beberapa pengrajin juga kadang mencari suplai barang kemasan bekas ini untuk kebutuhan industri mereka. Bila Anda beruntung bertemu pemasok semacam ini, Anda bisa jual limbah toko usaha ritel kelontong Anda dengan harga lebih baik.

  1. Berjualan Minuman Kemasan

Biasanya salah satu produk yang Anda jual di usaha ritel kelontong ini adalah minuman kemasan.  Ada beragam jenis minuman kemasan yang biasa Anda jual baik itu minuman sachet dingin dan panas. Anda bisa menambahkan pendapatan usaha Anda dengan menyediakan jasa penyeduhan. Bila ingin lebih menguntungkan lagi, siapkan sebuah blender, dan bukalah usaha penjualan minuman shake kemasan. Anda bisa menarik untung setidaknya Rp.2000 dari tiap gelasnya. Di udara panas, jasa Anda sangat menarik pembeli. Lagi pula kadang pembeli suka cara praktis dan memilih membeli yang siap minum daripada masih harus membuatnya sendiri di rumah.

  1. Berjualan Pulsa Elektronik

Satu lagi potensi yang bisa Anda kembangkan sebagai sumber penghasilan tambahan dari usaha Anda. Yakni dengan menyediakan penjualan pulsa elektronik dalam usaha ritel Anda. Konsumen Anda yang berlimpah dan datang bisa jadi sebenarnya juga membutuhkan pulsa. Lagi pula faktanya kini semua orang menggunakan ponsel dan sudah tentu juga membutuhkan pulsa. Dengan menyediakan penjualan pulsa elektronik, pembeli Anda yang biasa berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko Anda, akan memilih membeli pulsa di tempat Anda dengan alasan kepraktisan.

Anda bisa lihat, usaha ritel modern ternyata masih bisa dikembangkan dalam beberapa peluang usaha kecil lain yang memberikan tambahan keuntungan bagi pelaku usaha ritel itu sendiri. Jeli melihat peluang dan kebutuhan pasar yang sekiranya bisa Anda penuhi dengan memanfaatkan aset usaha yang sudah ada adalah rahasia dari pengembangan penghasilan tambahan dari usaha ritel kecil kelontong.

(sumber gambar artikel usaha ritel : www.olx.co.id)

tags: , , , ,