5 Lokasi Terbaik Untuk Membuka Usaha Sembako

Monday, August 29th 2016. | Tips Bisnis

usaha sembakoJika bicara soal peluang usaha yang memiliki potensi tidak ada habisnya, bisa dikatakan usaha sembako akan termasuk di dalamnya.

Bagaimana tidak, bila yang menjadi objek penjualan adalah semua barang yang menjadi kebutuhan utama masyarakat pada umumnya.

Dan menariknya konsumen dari usaha ini tidak mengenal kelas, usaha ini bisa mencakup seluruh kelas ekonomi sekaligus tanpa kecuali.

Siapa yang tidak butuh beras, gula, telur atau minyak goreng. Demikian pula dengan teh, kopi, mie instant, mentega, sabun cuci baju juga sabun cuci piring serta banyak kebutuhan rumah tangga mendasar lainnya.

Kalaupun Anda ingin usaha ini Anda mampu mencakup semua kelas dan semua kelompok pasar, Anda bisa jual beragam produk dengan kualitas dan harga yang bertingkat.

Baca Juga : Ini Dia Panduan Cara Usaha Kecil Kecilan yang Anda Cari

Meski secara teori menunjukan begitu tingginya peluang dari usaha sembako ini, fakta di lapangan ada begitu banyak pelaku usaha sembako yang akhirnya terpaksa gulung tikar dengan usaha sembako yang mereka jalankan.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab gagalnya usaha sembako yang mereka jalankan. Salahnya pengelolaan dalam sistem persediaan, kurangnya pelayanan atau masalah dalam pengelolaan keuangan kerap menjadi penyebab kegagalan usaha.

Dalam menjalankan usaha perdagangan macam ini, perkembangan usaha memang bergantung pada bagaimana mengelola keuangan usaha supaya kesinambungan persediaan berjalan baik, diluar pelayanan dan keramahan.

Tetapi ada satu lagi hal krusial yang kerap tidak disangka justru menjadi penyebab kegagalan usaha sembako. Yakni kesalahan dalam penentuan lokasi usaha. Sebagai usaha yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, posisi yang strategis menempati posisi penting dalam menjangkau pembeli semaksimal mungkin.

Sebenarnya tidak sulit menentukan lokasi terbaik untuk usaha sembako. Pilihan lokasi terbaik adalah tempat yang memudahkan pasar potensial mencapai toko usaha sembako yang Anda buka. Dan beberapa lokasi berikut ini bisa menjadi pilihan terbaik.

  1. Dalam area pasar

Pasar adalah tempat berkumpulnya konsumen, dan tujuan mereka jelas berbelanja. Dan bila bicara soal pasar terbaik untuk usaha sembako, maka pasar tradisional jelas harus masuk dalam urutan pertama. Pengunjung utama dari pasar tradisional adalah calon konsumen potensial dari usaha sembako.

Para pengunjung ini bertandang ke pasar salah satunya untuk membeli kebutuhan pokok rumah tangga termasuk bahan pokok seperti beras, gula dan sebagainya. Begitu besarnya akses yang Anda miliki dengan membuka usaha di dalam pasar tradisional, sampai Anda tidak perlu lelah berpromosi dalam mengejar konsumen.

  1. Dekat kawasan usaha kuliner

Selain konsumen rumah tangga, pangsa pasar terbesar dari usaha sembako adalah mereka yang mengoperasikan usaha kuliner seperti warung makan. Mereka membutuhkan suplai beras, gula, minyak goreng dan bahan lain dalam jumlah besar. Bahkan bisa jadi lebih besar dari permintaan yang muncul dari pasar rumah tangga.

Membuka usaha sembako di dekat kawasan usaha kuliner, bisa menjadi pilihan jitu. Dengan membeli sembako dari Anda, mereka juga diuntungkan dalam menghemat biaya transportasi dan ditambah kecepatan dalam mendapatkan suplai bahan pokok kapanpun mereka membutuhkan.

  1. Kawasan Pemukiman

Kawasan pemukiman jelas merupakan pangsa pasar potensial untuk usaha sembako. Bisa dikatakan pasar rumah tangga merupakan pasar terbesar dari usaha sembako. Tidak ada rumah tangga yang tidak membutuhkan bahan pokok dan mendirikan usaha sembako di tengah pemukiman bisa menjadi cara cerdik mendekatkan diri dengan konsumen. Karena membeli sembako dari Anda akan jauh lebih praktis daripada harus pergi jauh ke pasar atau toko sembako di tepi jalan.

  1. Dekat dengan perkantoran

Akan sangat beruntung jika Bila Anda bisa membuka usaha sembako di kawasan yang dekat dengan perkantoran. Para karyawan juga memiliki rumah tangga dan juga memiliki kebutuhan yang sama dengan rumah tangga lain. Dan mendirikan usaha ini yang mudah mereka akses akan mendorong mereka untuk memilih berbelanja di usaha sembako Anda dengan alasan kepraktisan. Coba saja pasang usaha sembako milik Anda di kawasan dekat sekolah, instansi pemerintahan daerah, kawasan perkantoran skala menengah atau dekat dengan pabrik padat karya.

  1. Kawasan padat kost kostan

Rupanya bukan hanya ibu rumah tangga yang bisa menjadi konsumen potensial Anda. Coba temukan pasar potensial baru di kawasan padat kost-kostan dimana banyak mahasiswa atau pekerja tinggal. Ada dua pasar yang bisa Anda dapatkan di sini, konsumen dari para pemilik warung makan di sekitar kost-kostan dan para penyewa kost-kostan itu sendiri. Mereka juga kadang mencari beras, teh, kopi dan kebutuhan dasar lain yang biasa disediakan oleh usaha sembako.

Itu tadi beberapa ide-ide lokasi yang bisa menjadi pilihan Anda ketika Anda membuka sebuah usaha sembako murah. Lokasi-lokasi terbaik di atas akan mendekatkan usaha sembako suskes Anda pada konsumen potensial yang akan membantu usaha Anda berjalan dengan lebih maksimal.

(sumber gambar usaha sembako : www.duajurai.com )

tags: , , , , ,