agar karyawan semangat bekerjaSemua pemimpin bisnis pasti bermimpi untuk mempunyai karyawan yang loyal. Bagaimana tidak, seorang karyawan yang sudah berkomitmen akan rela berkorban demi perusahaan.

Bukan sekedar pengorbanan jam lembur atau pekerjaan diluar job des. Tapi juga siap tidak Anda gaji ketika perusahaan Anda terpuruk dan jatuh. Jadi bagi Anda yang berhasil memiliki karyawan yang loyal, Anda sangat beruntung.

Karena mereka akan menjadi pendukung setia Anda, memberikan segala energi dan pemikiran untuk mejadi “back up” Anda. Tetapi memiliki komitmen karyawan yang bisa Anda andalkan bukannya datang begitu saja, layaknya hujan turun langit. Semuanya harus Anda ciptakan.

Bagaimana caranya? Ada 5 hal yang harus Anda lakukan. Silahkan simak informasi tentang tips agar karyawan loyal berikut ini :

  1. Bukan Tentang Uang

Memberi gaji besar bagi karyawan Anda bukan ide buruk. Tapi kalau Anda mendasarkan komitmen karyawan Anda pada gaji, maka satu hari mereka bisa saja lari pada perusahaan lain demi gaji lebih besar. Jadi tanamkan dalam diri Anda, kesetiaan tidak akan pernah terbeli.

  1. Kebanggaan

Salah satu fondasi dari komitmen adalah kebanggaan. Bangga menjadi bagian dari usaha Anda, menjadi tim dari seorang leader seperti Anda. Karena itu jadilah seseorang yang patut mereka banggakan. Ciptakan iklim kerja yang “lovable dan share” mimpi Anda dengan karyawan Anda. Biarkan mereka juga memiliki mimpi Anda dan menjadi bagian dari mimpi itu.

  1. Penghargaan

Penghargaan tak melulu soal hadiah dan bonus. Tapi tunjukan penghargaan Anda atas segala jasanya. Sikap Anda, empati Anda dan perlakuan Anda pada mereka adalah sebuah penghargaan yang jauh lebih berharga dari apapun. Anda mau mereka ada di sisi Anda? Jadilah orang yang siap berada di sisi mereka.

  1. Kultur Bisnis

Kami katakan sebelumnya, Anda dan perusahaan Anda harus menjadi sesuatu yang patut mereka banggakan. Tapi mustahil kan kalau prinsip bisnis yang berlaku kurang bernorma? Jadi ciptakan kultur yang baik dalam bisnis Anda.

  1. Orisinal

Anda, bisnis Anda dan produk Anda harus orisinal. Hal ini membuat mereka tidak akan menemukan sesuatu yang sama di tempat lain sehingga mereka mencintai suasana yang ada di bisnis Anda. Yakinlah bahwa karyawan Anda siap berkomitmen pada Anda jika perusahaan Anda punya orisinalitas.

Dengan penjelasan tentang tips agar karyawan semangat bekerja di atas, sudahkah Anda resapi maksud dari 5 elemen tadi? Kalau sudah, coba Anda pahami dan Anda praktekkan. Yang jelas, ke-5 elemen ini bukan sekedar isapan jempol, tetapi sudah terbukti mampu menciptakan komitmen karyawan di banyak perusahaan.

(sumber gambar artikel agar karyawan semangat bekerja : www.business2community.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here