anggaran usahaSudah menjadi rahasia umum bahwa banyak pebisnis pemula yang mengabaikan kepentingan untuk menyusun anggaran usaha bagi bisnis yang mereka jalani.

Kadang kala mereka sebenarnya sadar kalau menyusun budget itu penting bagi usaha mereka, tapi mereka tidak bersedia meluangkan waktu demi menyusun budget.

Mereka tidak sadar kalau mereka sebenarnya sudah melewatkan diri mereka untuk mendapat manfaat besar dari menyusun budget. Anda tidak sadar kan?? menyusun budget itu memiliki manfaat penting dalam keberlangsungan usaha Anda. Moga-moga artikel ini bisa membuka mata hati Anda dan tidak lagi mengabaikan urusan satu ini.

Ok, langsung saja, ini dia 3 manfaat amat sangat penting dari menyusun anggaran usaha kecil :

  1. Menyusun budget memberi Anda jalur terbuka bagi bisnis Anda.

Apa Anda suka melakukan tracking? Pernah melakukan perjalanan di track yang belum terbuka jalurnya? Pasti sangat sulit, Anda tidak tau apa yang ada dihadapan Anda dan kapan Anda harus belok kanan atau kiri. Itulah yang bisa terjadi pada usaha tanpa budget. Karena budget adalah salah satu bagian utama dari perencanaan. Jadi budget juga salah satu bentuk dari gambaran jalannya usaha Anda dalam periode mendatang.

Baca Juga : 3 Aspek Data Penting Dalam Perencanaan Bisnis Plan

  1. Menyusun budget akan memberi Anda rambu batasan bagi bisnis Anda.

Ketika Anda melakukan perjalanan di jalan raya. Rambu lalu lintas adalah salah satu pengingat Anda kalau Anda perlu berjalan lebih perlahan karena jalur berbahaya, atau tanda peringatan kalau Anda tidak boleh berhenti disatu tempat. Dalam kasus ini budget bisa menjadi rambu bagi keuangan usaha Anda. Dalam budget terdapat ekspektasi keuntungan yang artinya juga sebagai rambu akan kinerja Anda. Jika pendapatan Anda dibawah budget berarti kinerja usaha Anda buruk. Anda juga bisa mendapati adanya unsur perkiraan pengeluaran dalam budget. Fungsi poin ini adalah sebagai rambu efisiensi usaha Anda. Jika biaya yang Anda keluarkan diatas budget artinya terjadi pemborosan dalam usaha.

  1. Menyusun budget akan memberi Anda standar kualitas bagi bisnis Anda.

Nah, masih berkaitan sama poin dua nich… Dengan adanya budget Anda juga bisa mendapatkan sebuah standar bagi usaha Anda. Minimal penghasilan anda sesuai dengan budget Anda. Artinya kalau diatas budget berarti terjadi progress dalam bisnis Anda. Begitu juga kalau biaya bisa Anda tekan, artinya ada progress juga dalam efisiensi.

Kelihatannya sederhana kan manfaat dari menyusun budget bisnis kecil Anda? Masalahnya kalau Anda tidak punya budget, apa cara efektif lain dalam memaksimalkan ketiga fungsi dari manfaat tadi? Gak ada kan? Makanya ayo menyusun anggaran usaha Anda sekarang…

(sumber gambar artikel anggaran usaha : www.jobmail.co.za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 12 =