bisnis profit besar

Apa iya ada ya bisnis profit besar tapi nggak ada uang cash? Pasti ada, karena penjualan tidak selalu sama dengan penerimaan.

Dan profit tidak selalu berupa dana cash. Bingung? Sederhananya begini, Anda menjual 1000 buah produk dengan nilai 10 juta.

Dari angka 10 juta margin Anda mencapai 3 juta, 30% profit besar kan?. Masalahnya Anda baru menerima pembayaran 4 juta. Sedang sisanya baru akan Anda terima berupa angsuran 2 bulan masing-masing 3 juta.

Disini penjualan Anda 10 juta tapi penerimaan Anda Cuma 4 juta. Profit Anda 3 juta, dengan biaya 7 juta, tapi dana cash Anda hanya 4 juta. Kira-kira Anda bisa berproduksi 1000 lagi? Tidak bisa, karena Anda perlu 7 juta untuk berproduksi, dengan dana cash 4 juta.

Anda hanya bisa berproduksi setengah dari produksi sebelumnya yakni 350 unit. Jadi penjualan dan profit besar bukan sebuah jawaban langsung bagi cashflow Anda, melainkan pembayaran dari konsumen, dengan kata lain penerimaan.

Ketika konsumen Anda membayar tagihannya, itulah baru yang dinamakan sebuah progres bagi cashflow. Nah kali ini bukausahayuk.com akan mencoba sedikit memberi Anda tips untuk mengubah manfaat profit besar yang Anda dapat menjadi progres bagi dana cash Anda.

Silahkan Anda simak dan pahami poin-poin bisnis modal kecil profit besar atau usaha dengan profit besar di bawah ini :

  1. Pastikan Anda bisa beroperasi.

Kasus penjualan diatas adalah sebuah kesalahan dari sisi cashflow. Kenapa? Karena dengan dana cash hanya 4 juta artinya produksi Anda menurun 50%. Sehebat apapun marketing Anda, tidak akan jadi penjualan tanpa ada produk yang Anda jual. Jadi pastikan dana cash Anda mampu membiayai produk Anda penuh.

  1. Gunakan sistem prive.

Dana cash Anda dalam perusahaan bukan dana pribadi Anda lagi. Meski usaha ini milik Anda 100%. Jadi cukup gunakan prive dalam jumlah tertentu secara rutin daripada menjadikan dana cash perusahaan sebagai penopang kebutuhan pribadi Anda. Anggap prive ini adalah gaji Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here