bisnis properti modal kecilDari judul di atas, mungkin ada beberapa pertanyaan yang ada di dalam pikiran Anda, masak iya ada bisnis properti modal kecil? Bisnis properti kan bisnis yang identik dengan modal besar. Tapi memang ada bisnis properti modal kecil.

Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan modal besar yang harus dikeluarkan. Tapi cukuplah Anda menggunakan modal secukupnya saja. Dan bisnis properti adalah salah satu bisnis yang luar biasa prospeknya.

Usaha ini biar pemain yang masuk dalam pasar sangat besar, seolah tak pernah kehabisan pembeli. Pasalnya rumah tinggal adalah sebuah kebutuhan primer semua orang. Sama halnya dengan menjual baju dan makanan, pasar untuk bisnis properti memang tak pernah limit.

Selama orang masih menikah, kemudian membentuk sebuah keluarga, maka kebutuhan akan rumah tidak akan pernah berhenti. Ini belum untuk pasar unit properti komersial atau untuk usaha. Jadi kenapa Anda tidak terjun juga kedalam bisnis properti?

Mungkin karena kendala satu ini. Menjalankan bisnis properti melibatkan begitu banyak uang di dalamnya. Anda perlu mengantongi uang besar untuk pembelian dan pembangunan namun jangan Anda sangka, karena situasi ini, artinya Anda yang hanya punya modal minimalis menjadi mustahil untuk menjalankan bisnis properti.

Gimana lho ni, katanya harus siap uang besar di kantong, tapi yang tidak punya modal masih bisa menjalankan, lha yang dikantong uangnya siapa? Uang orang lach….

Prinsip bisnis tanpa modal bukan mustahil Anda terapkan pada bisnis properti. Prinsip dasar bisnis tanpa modal adalah menjual barang orang lain. Atau menjual barang tanpa membeli stocknya. Dalam kasus bisnis properti modal minim, cara ini perlu Anda adaptasi dengan karakter dari bisnis properti itu sendiri. Mungkin dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Usaha Sewa atau Kost
    Untuk bisnis properti satu ini, caranya dengan menemukan sebuah properti rumah yang cocok untuk Anda sewakan sebagai bangunan kost atau bangunan komersial seperti ruko, kantor atau gudang. Lalu Anda membeli bangunan tadi dengan cara kredit ke Bank. Kemudian Anda sewakan bangunan Anda tadi, hasil penyewaan tadi sebagian bisa untuk membayar angsuran di bank. Untuk awalnya Anda paling hanya perlu menyiapkan uang muka saja. Anda dapat penghasilan dan punya properti tanpa modal besar.
  2. Pembangunan Pre Order
    Untuk bisnis properti cara ini, Anda melakukan penjualan rumah jadi diatas sebidang tanah luas yang sudah Anda kavling sesuai ukuran yang Anda butuhkan. Bisa saya katakan Anda sedang membuat usaha penjualan perumahan mini. Biasanya dalam bisnis properti ini Anda hanya menawarkan sekitar 5 hingga 10 rumah saja. Yang Anda butuhkan dalam bisnis properti ini hanya sebidang tanah yang sudah Anda kavling. Buat desain rumahnya dan buka penawaran ke pasar, bisa secara online atau iklan Koran. Ketika salah satu kavling laku, pembeli akan menyetorkan minimal 30% dari harga. Dana ini bisa menjadi modal Anda dalam membangun kavling. Hingga rumah jadi 100%, pembeli akan sudah menyetorkan 100% dari harga. Anda sudah mengantongi keuntungan dan tanpa modal.
  3. Jasa Perantara
    Bisnis properti jenis ini juga cocok untuk Anda yang minim modal. Bahkan bisnis ini termasuk bisnis properti modal nol. Caranya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu mencari pemilik properti yang bermaksud menjual propertinya. Anda akan menawarkan jasa untuk untuk mencarikan pembeli bagi properti tadi dengan sistem bagi hasil yang sesuai. Yang Anda perlukan hanya sebuah iklan dengan memanfaatkan kemudahan akses internet. Iklan bisa Anda buat di berbagai media situs penjualan online seperti kaskus, toko bagus atau berniaga. Semakin banyak list properti yang Anda jual semakin baik. Anda tidak perlu modal besar, kecuali sedikit untuk biaya internet.

Tak sulit kan menjalankan bisnis properti modal kecil? Anda atau siapapun bisa menjalankan bisnis properti ini. Dengan uang yang ada di kantong Anda plus uang konsumen, Anda sudah bisa menjalankan bisnis properti.

(sumber gambar artikel bisnis properti modal kecil : www.alliottuae.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here