contoh pengusaha suksesAnda pernah menyangka bahwa ada seorang pengusaha yang kini sukses dengan omset ratusan juta perbulan hanya dengan modal tidak sampai 50 ribu rupiah? Rasanya mustahil kan? Anda penasaran siapa orangnya?

Beliau bernama M. Taufiq, contoh pengusaha sukses keramik yang memulai usahanya pada tahun 90-an. Pada awalnya beliau hanya membeli keramik dari seorang pembuat keramik yang tinggal tidak jauh dari kotanya.

Kemudian keramik tersebut ia cat dengan cat kendaraan sehingga menghasilkan pewarnaan yang jauh lebih tajam dan menarik. Ia merasa bahwa pewarnaan pada keramik dengan menggunakan cat yang biasa seringnya menimbulkan warna yang tidak terang dan lama kelamaan akan pudar.

Baca Juga : Simak Kisah Pengusaha Wanita Muda Sukses Yang Bernama Nur Annisa Rahmawati 

Hal inilah yang membuat Taufiq memutuskan untuk mencari pewarna keramik yang bisa memberi warna yang lebih kuat dan dan lebih tahan lama hingga akhirnya ia menemukan cat mobil yang ia rasa lebih memberikan warna yang kuat pada keramik.

Dengan modal yang sangat terbatas, beliau berusaha keras untuk menawarkan produknya. Lambat laun kerja kerasnya membuahkan hasil. Sedikit demi sedikit orang mulai tertarik untuk membeli keramik hasil buatannya.

Sehingga dalam waktu kurang lebih 12 bulan, Taufiq mulai bisa mengumpulkan modal yang terbilang cukup besar untuk mengembangkan bisnsinya.

Bahkan menurut pengakuannya, di saat itu ia rela bekerja seharian non stop tanpa seorang karyawanpun demi mengurangi biaya pengeluaran.

Dari modal yang ia kumpulkan selama 12 bulan inilah, akhirnya beliau bisa memproduksi keramik sendiri. Kemudian beliau memutuskan untuk mengambil beberapa tenaga kerja dan berhasil membuka pasar hingga ke Kalimantan dan Sumatra secara direct selling.

Tetapi ternyata perjalanannya tidak semulus bayangannya. Penjualan di lokasi beliau ternyata tidak mudah. Beliau beberapa kali sering menghadapi kendala pada masalah distribusi barang. Bahkan beberapa waktu yang lalu, usaha beliau sempat akan ditutup dikarenakan tuduhan pengrusakan lingkungan.

Pernah juga beliau mendapat beberapa tindakan pemerasan berkaitan dengan usahanya. Tapi berkat kegigihannya, usaha beliau berkembang dengan pesat. Benar-benar contoh pebisnis sukses sekaligus contoh pengusaha kreatif yang bisa Anda jadikan tauladan.

Akhirnya, jalan sukses itu datang juga. Berawal dari mencari sistem penjualan yang di rasa jauh lebih efektif, beliau menemukan cara pemasaran yang sangat menguntungkan.

Taufik memutuskan untuk beralih dari penjualan langsung berubah ke model bisnis B to B, yaitu mencari distributor sebanyak 5 buah toko besar yang menjual keramik di Purwakarta.

Usaha penjualan langsung pun beliau hentikan, mengingat beliau harus repot dengan melakukan kegiatan promo sana sini. Dan pilihan beliau ternyata tepat. Dalam satu bulan beliau bisa menghasilkan omset tidak kurang dari 150 juta rupiah dengan margin keuntungan setidaknya 30%. Cukup besar kan?

Benar-benar tak disangka. Dengan modal awal hanya puluhan ribu sekarang ia bisa menghasilkan omset ratusan juga dan membuat seorang M. Taufiq sudah menjadi jutawan di kota Purwakarta. Siapa bilang usaha modal kecil tidak bisa berkembang menjadi usaha dengan untung besar? Anda bisa berkaca pada pak Taufiq.

Saat ini usaha beliau sudah mampu mempekerjakan kurang lebih sekitar 25 karyawan dengan kebutuhan bahan baku hingga 2 ton tanah liat per bulan. Dan sekarang, beliau sudah memiliki 2 pabrik keramik yang cukup besar.

Sungguh prestasi yang luar biasa, benar kan? Semoga contoh pengusaha sukses di atas mampu menginspirasi Anda dan membuat Anda untuk terus bersemangat.

(sumber gambar artikel contoh pengusaha sukses : www.indonesiakaya.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − ten =