memulai usaha waralabaAda sebuah artikel yang sangat berguna dari majalah bisnis online tentang advise atau nasehat jika Anda akan memulai usaha waralaba / franchise terbaru.

Advise ini datang dari Mark Siebert, CEO dari IFranchise Group USA, sebuah kelompok usaha yang terdiri dari beberapa unit usaha franchise.

Menurut Mark Siebert, ada 7 langkah taktis dalam memulai usaha waralaba. 7 langkah ini bisa menjadi pedoman Anda untuk merubah dari sebuah bisnis konvensional menjadi franchise terbaru.

Berhubung di langkah pertama dari 7 langkah tadi memerlukan banyak “step”, maka pada kesempatan ini BukaUsahaYuk.com akan mencoba membahas khusus untuk langkah pertama dulu.

Pada kesempatan berikutnya akan dibahas 6 langkah selanjutnya. Jadi silahkan Anda simak bagian pertama tips menjalankan bisnis waralaba dari 7 langkah memulai usaha franchise menurut Mark Siebert.

  1. PERSIAPKAN BISNIS ANDA
    Asumsikan usaha minuman Anda sudah berjalan sebelumnya, maka untuk mengembangkannya menjadi usaha franchise minuman ada beberapa langkah yang harus Anda ambil. Terutama berkaitan dengan :

    • Produk Siap Saji
      Anda pasti sudah memiliki produk minuman, tinggal Anda cari tau bagaimana menjadikannya produk siap saji tanpa membuat orang mudah menemukan rahasia originalitas produk minuman Anda. Salah satu cara dengan menjadikannya minuman serbuk sachet atau membuat minuman dalam jar, sehingga penyaji tidak lagi repot cukup dengan menyeduh atau menuangnya dalam gelas dan siap tersaji ke konsumen.
    • Konsep Original
      Original tidak hanya harus datang dari produk, Anda juga bisa menciptakan originalitas usaha franchise minuman Anda pada konsep. Konsep berbeda dan khusus bisa membangun rasa penasaran dan juga menjadi nilai jual khusus di mata konsumen dan calo franchisee. Konsep minuman anak-anak pada rainbow drink bisa menjadi contoh konsep original usaha franchise minuman atau usaha minuman jus organik dengan resep jus yang sama hanya dengan konsep buah organik.
    • Keuangan yang Matang
      Dalam memulai usaha franchise Anda perlu menyiapkan juga poin dalam hal keuangan. Mempersiapkan track record yang positif atas kondisi keuangan usaha Anda sebagai bukti produk Anda memang sangat menjual. Selain itu juga permodalan yang cukup, karena langkah pengembangan apapun dalam sebuah usaha selalu membutuhkan modal. Di sini setidaknya Anda perlu modal untuk langkah-langkah penyesuaian, promosi dan persiapan fisik. Dalam hal keuangan Anda juga perlu melakukan penyesuaian dalam sistem keuangan, pencatatan dan evaluasi keuangan dengan sistem franchise. Terlibatnya pihak luar dalam penjualan produk minuman Anda memaksa Anda untuk membangun sistem yang sesuai dengan situasi.
    • Penyesuaian Manajemen
      Tanpa perlu saya jelaskan Anda tentu sudah memiliki bayangan, bahwa sistem manajemen dari usaha minuman biasa dengan usaha franchise minuman tentu saja berbeda. Ada beberapa penyesuaian dalam sistem manajemen seperti sistem pelatihan, sistem pengawasan hingga sistem pengembangan yang spesifik. Anda tidak lagi hanya mengatur usaha Anda sendiri, tetapi seluruh franchise yang notabene bukan karyawan Anda. Jadi sebelum Anda membangun peraturannya, bangun dulu sistemnya.
    • Riset Pasar
      Melempar produk Anda sebagai produk franchise juga tidak bisa asal-asalan. Anda harus mengenal dengan baik karakter produk dan target pasar mana yang cocok. Setidaknya ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk mencari franchisee.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus Anda lakukan pada tahap paling awal dari memulai usaha franchise. Jangan Anda pikir, produk minuman Anda yang laku keras, atau keuntungan usaha yang berlipat ganda tidak lantas pasti membuat usaha franchise minuman Anda sukses.

Anda perlu banyak langkah, proses dan tahapan untuk mencapai sukses. Sampai ketemu di artikel “7 Langkah Memulai Usaha Waralaba Ala Mark Siebert Bagian 2″.

(sumber gambar artikel memulai usaha waralaba : www.sgxinw.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here