Tips bisnis tanah kosong yang pertama adalah menentukan tujuan. Apakah lahan kosong yang ada itu akan diperjualbelikan, atau dijadikan sebagai ladang bisnis baru? Jika Anda adalah pemilik tanah tersebut, menjualnya berarti melepas aset tanpa bisa berharap akan kembali dalam keadaan yang sama. Tidak masalah jika dilepas kemudian dibelikan aset baru berupa tanah di tempat yang lebih strategis.

Masalahnya adalah jika tanah tersebut dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumsi saja. Maka bukan keuntungan yang diperoleh, justru kerugian karena melepas aset tanpa kemungkinan memperoleh pendapatan dalam jangka panjang berikutnya. Berbeda jika tanah kosong tersebut bukan dijual, melainkan dibuka sebagai lahan bisnis atau disewakan dalam bentuk ruko atau pertokoan atau lahan parkir.

Baca Juga : Temukan Ide Usaha Kecil dengan Cara yang Simpel

Lahan kosong yang dibangun ruko, pertokoan atau perkantoran akan membuka lahan bisnis bagi orang lain. Pengusaha dapat menyewa ruko tersebut dan menjadikannya tempat bisnis mereka. Namun pilihan ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan tips bisnis tanah kosong. Meskipun hasilnya lumayan, pertimbangkan kemampuan mendapatkan modal sebelum terlambat.

Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk membangun kios atau semacamnya, masih ada peluang bisnis tanah kosong yang menjadikannya potensial. Yaitu dengan menjadikannya sebagai lahan parkir. Ini berlaku di kota besar dan dekat dengan area perkantoran, sekolah, atau industri. Karena tempat parkir pasti sangat dibutuhkan di area tersebut.

2. Cek Legalitas

Tips bisnis tanah kosong ini perlu diperhatikan jika Anda adalah pihak ketiga yang ingin menjual atau menjadikan lahan kosong menjadi tempat bisnis. Karena legalitas jika tidak dibereskan di awal akan menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu sebelum menjadikannya sebagai bisnis, pastikan tanah tersebut bukan tanah sengketa dan memang jelas pemiliknya siapa. Pastikan juga surat-suratnya lengkap.

3. Potensi Perkembangan Lingkungan

Inilah yang harus diperhatikan dalam bisnis tanah kosong. Lingkungan sekitar lahan akan sangat menentukan seberapa besar potensi bisnis yang bisa dihadirkan. Jaraknya dari fasilitas umum seperti rumah sakit, bandara, terminal, atau jalur utama kendaraan umum bisa menjadi pertimbangan. Termasuk jaraknya dari tempat wisata atau pemukiman penduduk di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here