peluang usaha di balikpapanBalikpapan memang sedang menggeliat. Kota yang berada di propinsi Kalimantan Timur ini sejak dulu dikenal sebagai salah satu pusat aktivitas industri perminyakan dan gas di Indonesia.

Industri ini sudah berkembang sejak masa pemerintahan Belanda dan masih berkembang hingga kini.

Dan inilah yang menjadikan Balikpapan sebagai salah satu pusat populasi terbesar di Kalimantan, sekaligus mendorong terbukanya peluang usaha di Balikpapan.

Perkembangan industri perminyakan dan gas di kawasan ini menarik urbanisasi yang tinggi dari kota-kota kecil di sekitarnya menuju kota Balikpapan, juga imigrasi penduduk Jawa besar-besaran menuju Balikpapan yang sudah diawali sejak jaman Hindia Belanda.

Bahkan menurut data statistik, kota ini mewakili setidaknya 20 % penduduk Kalimantan, memiliki seluruh jenis suku yang ada di Kalimantan dan juga memiliki penduduk yang paling heterogen se-Kalimantan.

Perkembangan penduduk yang demikian pesat memberi banyak angin segar dalam perkembangan peluang usaha di Balikpapan. Karena mengembangkan banyak peluang usaha di Balikpapan yang terkenal sebagai daerah tidak subur meski memangku daerah aliran sungai yang cukup luas. Ini karena konon dipercaya tanah dari Balikpapan sudah terkontaminasi kandungan minyak dan gas yang tinggi di dalamnya.

Dan akibat dari dari perkembangan industri perminyakan dan gas di kota ini mendorong tingkat inflasi di kota ini sangat mengerikan. Harga-harga di kota ini dinobatkan sebagai harga tertinggi di Indonesia, dengan UMR tertinggi pula di Indonesia.

Tetapi dari sisi usaha, dengan tingkat harga yang demikian tinggi, bukankah bila Anda tepat mencari suplai Anda malah bisa meningkatkan perolehan margin dari usaha Anda.

Lalu apa saja peluang usaha yang bisa Anda kembangkan di kota yang berjulukan Banua Patra atau Tanah Minyak ini? Berikut ini beberapa peluang usaha di kota Balikpapan yang bisa Anda jadikan pilihan.

  1. Peluang usaha property

Tingginya jumlah pendatang di kota ini, memicu peningkatan permintaan rumah tinggal yang sangat signifikan. Ini mendorong terbukanya peluang usaha property di kota ini. Harus diakui kendala dari bisnis ini adalah harga tanah yang bisa mencapai 2 kali harga tanah di pulau Jawa. Tetapi juga daya beli masyarakat relatif tinggi, sehingga Anda bisa mencapai margin yang lebih baik.

Baca Juga : 3 Jenis Bisnis Properti Modal Kecil yang Menguntungkan

Soal bahan baku usaha property, beberapa memang harus Anda serap dari pasar Jawa yang artinya membebankan Anda biaya transportasi yang relatif mahal, tetapi beberapa justru lebih mudah Anda dapat di Kalimantan seperti kayu berkualitas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here