peluang usaha di jogjaKota Jogja memang dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan banyak potensi. Ada begitu banyak nilai lebih dari kota ini sehingga membuatnya juga sangat potensial sebagai lokasi usaha. Mulai dari usaha kelas kecil sampai kelas kakap, yang tentu saja ini berkaitan dengan kekuatan modal.

Peluang usaha di Jogja memang cukup terbuka lebar, karena beberapa faktor seperti Jogja yang saat ini menjadi destinasi wisata kedua terbesar di Indonesia, lokasinya sebagai salah satu pusat aktivitas pendidikan termasuk faktor heterogenitas penduduknya karena demikian tinggi pendatang yang masuk ke kota ini.

Semua ini membuat kita bisa menemukan demikian banyak peluang usaha di Jogja terbaru yang bisa Anda kembangkan. Apa saja ide-ide peluang usaha di Jogja tersebut?

  1. Ide usaha kuliner

Penduduk yang heterogen, tingginya aktivitas pariwisata dan mulai maraknya budaya wisata kuliner pada masyarakat Jogja sendiri membuka peluang yang sangat luas untuk Anda membuka usaha kuliner. Mulai dari penganan khas ala Jogja yang unik macam mie jawa, mie lethek, mangut, gudeg manggar dan sebagainya, lalu makanan unik dari berbagai daerah untuk menjawab kerinduan pendatang akan kuliner khas daerah asli mereka sampai aneka makanan modern yang siap disantap dengan harga yang bisa separuh dari harga jual di kota Jakarta. Kota jogja juga dikenal dengan inovasi kulinernya seperti café susu dan resto ala desa yang sampai hari ini masih menjadi trend di kota Jogja. Atau malah masih ingin bermain di skala angkringan > kenapa tidak?

  1. Usaha Penginapan

Setiap tahun terhitung lebih dari 10 juta wisatawan datang berkunjung ke kota ini. Ini jelas sebuah pasar yang tak bisa dianggap kecil. Segala hal berbau wisata bisa menjadi sebuah bisnis menjanjikan di kota ini. Dan salah satunya adalah penginapan. Anda bisa mulai bisnis ini dari sekedar menyewakan beberapa kamar di rumah Anda yang tidak digunakan, paviliun di samping rumah yang bisa menampung beberapa orang sampai penginapan professional, villa dan hotel dalam berbagai kelas.  Uniknya, meski di kota Jogja Anda dengan mudah menemukan berbagai kelas hotel dan penginapan, ternyata keuntungan yang dijanjikan tetap tinggi.

  1. Ide usaha asrama

Siapa yang mau memungkiri kalau di kota ini kawasan kampus adalah salah satu pusat ekonomi. Anda bisa buka berbagai jenis usaha di sana dan salah satu yang paling potensial jelas asrama. Buka saja portal penjualan property dengan lokasi Jogja dan banyak penjual property yang membandrol hingga milyaran untuk sebuah unit asrama. Tetapi tenang saja, konon Anda sudah bisa balik modal dalam hitungan tak genap 1 tahun untuk modal milyaran itu.

  1. Usaha fashion

Konon kota Jogja adalah salah satu kota dengan jumlah usia remaja dibawah 25 tahun tertinggi di Indonesia. Jelas saja, di kota ini ada berapa kampus yang tentu saja dikerumuni banyak mahasiswa yang rata-rata berusia kisaran 18–22 tahun. Fashion adalah salah satu hal yang selalu mampu memikat mereka untuk membuka dompet. Jadi jangan ragu kalau Anda punya cukup akses untuk mendapatkan suplai pakaian, karena kota ini siap menampung penawaran yang Anda buka.

  1. Usaha gadget

Masih soal tingginya kalangan muda di kota ini, maka tinggi pula permintaan akan produk gadget. Sebut saja ponsel, laptop, printer dan lain sebagainya. Apalagi dengan profesi sebagai mahasiswa memaksa mereka memiliki kelengkapan gadget untuk kebutuhan pendidikan mereka. Beberapa pelaku usaha gadget di kota ini siap melayani sistem kredit yang mudah pula diajukan karena mewadahi kebutuhan mahasiswa berkantung pas-pasan untuk bisa memiliki gadget yang modern.

  1. Usaha stationer dan foto kopi

Mahasiswa sudah pasti butuh buku, alat tulis, kalkulator dan berbagai peralatan stationer lain. Nah, ini pula potensi yang bisa Anda kembangkan dengan membuka usaha pertokoan stationer. Atau tambahkan juga jasa fotokopi dan cetak printing yang dijamin juga banyak dicari oleh mahasiswa.

  1. Usaha oleh-oleh dan souvenir

Ada banyak pendatang di kota ini yang bisa jadi setiap 1 tahun sekali akan pulang kampung dengan membawa oleh-oleh dan bingkisan, juga ada banyak wisatawan yang selalu mengalir layaknya air sungai ke kota ini. Ini bisa menjadi potensi bisnis souvenir dan oleh-oleh yang akan menghasilkan keuntungan besar bagi Anda. Permintaan souvenir khas Jogja dan aneka produk makanan oleh-oleh memang cukup tinggi di kota ini, jadi jangan heran kalau kota ini juga dipenuhi banyak toko oleh-oleh. Meski demikian masih banyak saja permintaan yang menampung kalau Anda juga tertarik menjajal peruntungan dalam bisnis ini.

Masih banyak lho sebenarnya peluang usaha di Jogja yang bisa Anda kembangkan. Penasaran? Kita bertemu di artikel kami berikutnya soal peluang usaha di Yogyakarta. Dan temukan banyak lagi informasi mengenai peluang bisnis menjanjikan dari kota Yogyakarta.

(sumber gambar peluang usaha di jogja : www.sewamobiljogja.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × three =