perencanaan bisnis planSudah terlalu banyak pelaku usaha yang mengabaikan tahapan perencanaan bisnis plan. Terutama dari kalangan pelaku usaha dari kalangan kecil menengah.

Entah gara-gara influence dari banyak motivator yang mendorong para pemula sehingga berpola research less do more. Atau malah karena keterbatasan pemahaman sehingga tidak melihat pentingnya sebuah perencanaan bisnis.

Padahal melangkah tanpa rencana bisa menjadi sebuah bencana. Sama saja Anda pergi mencari rumah seseorang tanpa alamat jelas dan tanpa informasi kemana Anda bertanya kira-kira akhirnya bagaimana? Anda nyasar kan?

Jadi harus dikatakan bahwa usaha Anda mutlak membutuhkan perencanaan bisnis plan. Setidaknya Anda perlu memiliki data dan informasi yang cukup untuk membuat sebuah keputusan bagi usaha Anda.

Lalu informasi Anda ini kemudian menjadi dasar bagi Anda membuat perencanaan bisnis plan sederhana.

Nah dalam mengumpulkan informasi tadi, terdapat 3 aspek data yang setidaknya perlu Anda miliki untuk cukup sebagai dasar membuat perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan.

Apa sajakah data dalam bisnis plan usaha atau rencana usaha kecil itu?

  1. Data dari karyawan Anda.

Karyawan adalah front terdepan dalam usaha Anda. Mereka yang lebih tau bagaimana proses produksi Anda sebenarnya, bagaimana situasi usaha Anda dilapangan dan bagaimana konsumen Anda.

Jadi beri kesempatan mereka berkontribusi dalam melihat hal apa yang harus Anda hilangkan, Anda teruskan dan Anda imbuhkan dalam operasional usaha Anda.

  1. Data dari konsumen Anda.

Muara dari semua usaha adalah kepuasan konsumen. jadi wajar saja kan kalau Anda mencari informasi langsung dari konsumen Anda. Apakah produk Anda sudah cukup memuaskan konsumen Anda.

Kalau Anda kira Anda bisa memberikan semacam survey kepada konsumen Anda, Anda tidak sepenuhnya benar. Cara tersebut bisa saja Anda lakukan tapi tentu Anda perlu menyiapkan imbalan karena konsumen malas mengisi survey.

Tapi kalau Anda tidak siap dengan imbalan Anda bisa mengajak berbincang konsumen Anda secara personal ketika mereka datang untuk sekedar interview sederhana yang bahkan tidak mereka sadari. Anda juga bisa lho mendapat informasi mengenai trend, minat pasar sampai peta persaingan dari sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here