Modal Usaha Depot Air Minum Isi UlangRincian Penting Modal Usaha Depot Air Minum Isi Ulang – Kepadatan penduduk yang semakin hari semakin meningkat memunculkan masalah baru dalam masyarakat. Salah satunya adalah keberadaan air bersih.

Kondisi tersebut membuat masyarakat untuk membeli air minum. Nah, kemunculan air minum isi ulang dengan harga terjangkau tentu menjadi pilihan. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis dengan rincian modal sebagai berikut.

Baca Juga : Wirausaha Modal Kecil Sederhana, Usaha Martabak Mini

  1. Jumlah Modal Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Untuk ukuran bisnis rumahan, usaha depot air minum bisa menjadi pilihan untuk Anda karena modal yang digunakan cukup terjangkau. Selain itu, keperluan peralatan terkait usaha tersebut tidak banyak dan rumit. Untuk mengetahui secara jelas, berikut rincian dana yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha :

Kebutuhan Pokok

Modal usaha depot air minum isi ulang yang membutuhkan paling banyak yaitu pada mesin dengan harga sekitar Rp. 22.000.000. Mesin ini berfungsi untuk pengisian air ke galon sekaligus untuk penutupan galon. Harga yang mencapai angka puluhan juta, tapi jumlah tersebut masih efisien jika dibandingkan dengan penghasilan yang diperoleh nantinya. Mesin tersebut adalah otak dari bisnis depot air minum.

Baca Juga : Usaha Roti Bakar : Bisnis dengan Potensi Besar Modal Kecil

Kebutuhan Pendukung

Selain mesin sebagai kebutuhan pokok, juga terdapat beberapa kebutuhan pendukung untuk menjamin kelancaran bisnis ini. Keberadaan kebutuhan pendukung berfungsi sebagai objek dari pelaksanaan kegiatan, misalnya pengadaan galon. Nah, sebelumnya Anda terlebih dahulu memutuskan untuk memilih jenis galon sesuai usaha Anda. Adapun rincian dana terkait kebutuhan tersebut dijelaskan pada tabel berikut.

No.Kebutuhan PendukungJumlahBiaya (Rp)
1.Galon (merk sesuai jenis usaha)3030 x 35.000 = 1.050.000
2.Tutup Galon100100 x    900 =     90.000
3.Tisu Galon (tidak ada merek)100100 x    100 =     10.000
4.Keranjang Galon (lubang 4)11 x 450.000 =    450.000
Total Biaya= Rp1.600.000

 

Administrasi

Selain kebutuhan untuk menunjang kelancaran proses produksi, modal usaha depot air minum isi ulang juga perlu dikeluarkan untuk urusan administrasi. Hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk menarik minat pelanggan. Misalnya pengujian kualitas air di dinas kesehatan sebagai bukti akurat bahwa air yang digunakan adalah air dengan kualitas yang bagus. Adapun beberapa kelengkapan administrasi adalah sebagai berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here