tips bisnis suksesKalau ada tips bisnis sukses dengan pertanyaan mana yang Anda dulukan, bisnis yang sukses, atau karyawan yang sejahtera, apa jawaban Anda?

Kalau referensi Anda adalah buku-buku literatur konvensional, sudah pasti jawaban Anda bisnis sukses dulu baru karyawan sejahtera. Tapi apa benar begitu?

Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung dari sudut pandang seseorang. Maka dari itu, kali ini bukausahayuk.com mencoba mencari jawaban dari referensi yang berbeda tentang kiat bisnis sukses, yakni dari seorang eksekutif BUMN Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI).

Beliau ditugaskan oleh pemerintah memperbaiki kinerja BUMN tersebut setelah bertahun-tahun selalu mengalami kerugian dalam jumlah besar dan akan dinyatakan pailit.

Baca Juga : 4 Tips Bagaimana Meningkatkan Omset Penjualan

Dan menurut Bapak Irfan Setiaputra, tips bisnis sukses adalah menyejahterakan karyawan Anda terlebih dahulu, baru bisnis Anda bisa semakin berkembang dan sukses. Pasti di benak Anda akan muncul pertanyaan, “Kok bisa ya? Apa tidak terbalik?”.

Jawabannya adalah seperti ini. Jika karyawan Anda masih kebingungan untuk mencari solusi bagaimana ia bisa memenuhi kebutuhan makannya, bagaimana ia bisa membayar SPP anaknya serta masih pusing dengan belitan hutang, sudah jelas ia tidak akan pernah bisa memberikan kemampuan optimalnya ke perusahaan.

Terkadang mereka malah menggunakan sisa tenaga mereka untuk mencari tambahan penghasilan di tempat yang lain. Kalau pikiran dan tenaga pegawai Anda tidak bisa Anda optimalkan, apa hasil dari pekerjaan mereka juga bisa maksimal?

Seperti itulah pendapat bapak Irfan. Dan ternyata pak Irfan tidak main-main dengan ucapannya. Langkah pertama beliau ketika menduduki posisi Eksekutif di PT INTI adalah menaikan gaji karyawan hingga 40%.

Ditengah karyawan yang sedang hopeless gara-gara bertahun-tahun perusahaan merugi terus, tiba-tiba gaji dinaikan drastis.

Ini jelas memberi daya ungkit yang efektif bagi kinerja karyawan. Masalahnya, euphoria kenaikan gaji ini tidak akan bertahan lama, paling hanya 3 bulan.

Jadi langkah selanjutnya adalah menyusun rencana untuk memanfaatkan masa-masa 3 bulan ini sebaik mungkin seperti menaikkan target penjualan, memangkas biaya operasional yang tidak efektif dan sebagainya.

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Jitu Agar Karyawan Semangat Bekerja

PT INTI membuktikan dalam tempo 3 tahun, bisa membukukan profit senilai 2,7 milyar. Hanya saja ada satu catatan penting, sebelum Anda memutuskan menaikan gaji, pastikan Anda memang sudah berhitung dan mengoptimalkan efisieni biaya pada pos lain. Kemudian buat aturan mengenai reward dan punishment.

Setelah Anda jalankan tips bisnis sukses di atas dan semuanya bisa berjalan dengan lancar, barulah Anda bisa berharap mereka akan mengalokasikan semua daya upaya mereka untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis Anda.

(sumber gambar artikel tips bisnis sukses : www.returnonkeycomponent.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 3 =