tips usaha laundryMari kita teruskan pembahasan mengenai tips usaha laundry bagian 3. Pasti Anda pernah mengalami, kaos atau baju berwarna Anda yang baru tiba-tiba saja mengalami luntur pada pencucian pertamanya.

Kadang masalah ini menjadi besar ketika warna luntur tadi mengenai pakaian berwarna milik konsumen Anda. Kalau warna tua sih bukan masalah, kalau ternyata menodai pakaian dengan warna cerah atau mudah, jelas menjengkelkan bukan?

Tentu saja sulit membayangkan bagaimana menghilangkan noda luntur tadi di pakaian berwarna tadi. Bila pakaian konsumen Anda berwarna putih, Anda masih bisa menggunakan cairan pemutih yang biasanya sangat efektif dalam mengatasi masalah pakaian terkena luntur.

Meski cara ini beresiko merusak serat kain. Tentu saja bila tidak sering cara ini masih aman untuk pakaian para pelanggan Anda.

Baca Juga : Tips Usaha Laundry Cara Mencuci Pakaian Hangat

Tetapi yang harus Anda pahami, ide untuk memakai cairan pemutih sebagai penghilang noda pada pakaian berwarna akan merusak pakaian berwarna lebih jauh. Tentunya menjadi bencana kalau pakaian ternoda milik konsumen Anda ini berharga cukup mahal.

Sifat chlorin yang terdapat pada cairan pemutih ini justru akan menyerap seluruh warna sehingga akhirnya warna pada pakaian akan hilang atau setidaknya pudar. Anda tentu tidak ingin pakaian tersebut pudar warnanya hanya karena kesalahan Anda dalam menangani noda?

Oleh karena itu, kali bukausahayuk.com akan mencoba berbagi cara jitu dalam menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna dengan cara-cara mudah dan bahan-bahan yang juga mudah Anda temukan di sekitar Anda. Tentunya pengeluaran usaha laundry Anda akan lebih irit.

  1. Larutan vetsin dan detergen.

Cara yang cukup mudah dan sederhana adalah dengan mencampur detergen dengan vetsin dengn rasio 2 : 3 untuk detergen : vetsin. Larutan ini Anda tambahkan air panas, sesuaikan dengan pakaian yang akan Anda rendam. Setidaknya Anda harus memastikan pakaian berwarna tadi cukup terendam secara utuh dalam air rendaman. Diamkan selama 30 menit dan kucek. Kemudian cuci lagi dengan detergen murni dan bilas.

  1. Larutan cuka asam, garam dan detergen.

Anda juga bisa memanfaatkan satu lagi bahan di dapur Anda, yakni cuka asam. Tambahkan garam dan detergen dengan rasio cuka yang sama banyaknya dengan sabun detergen. Tambahkan air panas ke dalam ember hingga setidaknya seluruh bagian pakaian terendam. Bila tidak terendam semua, maka noda luntur akan bergerak ke arah bagian yang tidak terendam. Diamkan pakaian di dalam ember selama 30 menit dan lihat hasilnya setelah Anda bilas.

  1. Larutan citrun dengan detergen.

Satu lagi larutan asam yang cukup populer digunakan dalam mengatasi noda luntur adalah larutan citrun. Bubuk citrun ini terkenal sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan noda tinta yang biasanya sangat sulit teratasi. Cukup dengan memadukan bubuk citrun dengan detergen dan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga seutuhnya terendam. Diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan detergen, kemudian bilas Akan lebih baik kalau Anda menambahkan beberapa jumput garam yang akan menambah kinerja larutan tadi.

  1. Baking Soda

Bila noda luntur yang Anda hadapi belum parah, hanya mengenai beberapa bagian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka Anda perlu tau kalau Anda juga bisa mengatasi noda luntur tadi dengan campuran detergen dengan baking soda. Meski tidak seefektif cairan asam atau vetsin, cara ini juga cukup banyak diminati karena lebih mudah dicara dan mudah anda dapatkan.

  1. Alkohol

Kalau noda luntur yang Anda hadapi berasal dari tinta, salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkannya adalah dengan penggunaan cairan alkohol. Cairan ini bisa Anda gosokan dulu pada noda hingga memudar. Kemudian sebelum cairan alkohol mengering, segera celupkan dan kucek pakaian dalam cairan sabun detergen. Lakukan beberapa kali hingga akhirnya bersih sempurna.

Bila Anda tidak menemukan cairan alcohol di rumah Anda, Anda bisa gunakan hairspray yang mengandung aerosol (bentuk lain dari alkohol turunan) atau dengan cairan aseton pembersih kuteks. Hanya saja pada penggunaan hairspray, biasanya Anda harus lebih ekstra dalam mengucek karena hairspray meninggalkan residu pekat dan melekat pada kain.

Ternyata tidak begitu sulit mengatasi noda luntur pada pakaian berwarna? Dengan cara-cara di atas, Anda bisa menghilangkan noda dengan efektif tanpa harus merusak warna asli pakaian dan tentunya serat kain.

Tetapi bila memungkinkan, sebaiknya hindari saja noda luntur karena bagaimanapun Anda tetap perlu menyediakan waktu yang cukup lama dan melelahkan untuk mengatasi noda luntur. Jadi sebaiknya sebelum Anda mencuci, pisahkan saja kain yang berpotensi menodai dengan kain biasa.

Seperti kata pepatah : mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga tips usaha laundry di atas bisa membuat usaha laundry Anda bertambah sukses.

(sumber gambar artikel tips usaha laundry : www.pinterest.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =