usaha aksesoris wanitaUsaha aksesoris wanita adalah salah satu usaha yang banyak memikat kaum hawa. Dengan alasan usaha ini cenderung mungkin untuk dijalankan di waktu santai dan bersifat tidak mengikat.

Apalagi untuk membuka usaha aksesoris wanita tidak mutlak membutuhkan modal besar, kadang dengan kreatiftas barang mentah dengan harga murah saja bisa disulap jadi menawan dan mewah.

Dan kesuksesan juga sudah dibuktikan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Lilik Setiawan dari Jakarta. Berawal dari keisengannya setelah memutuskan resign dari kantor beberapa tahun lalu, beliau mulai membuat beragam pernak pernik dan aksesoris.

Untuk bisa membuat semua ide kreatifnya, Lilik hanya menyediakan modal awal 500 ribu sekedar untuk membeli beragam tali dan aneka batu manik-manik dan aksesoris pelengkap lain.

Baca Juga : Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil, Usaha Kebaya Bordir

Tak disangka dari ide iseng-isengnya ini Lilik berhasil mengembalikan modal malah meraih untung, cukup dengan menjualnya ke orang-orang terdekat Lilik. Semua berasal dari kemampuan dan bakat Lilik dengan kemampuannya dalam mengkreasikan produk aksesoris wanita ini dengan desain yang menawan meski berasal dari bahan murah meriah.

Lilik tidak kehabisan ide, beliau mulai menjajal membuat aneka produk lain dari berbagai segmen pasar. Hasilnya kini giliran teman-teman sekolah si buah hati yang sukses menjadi pasar baru bagi produknya. Dari sanalah, sejak keberhasilan demi keberhasilan Lilik buktikan, Lilik nekad membuka sebuah usaha dengan brand Zidy Handycraft.

Dengan mengarah pada pasar kalangan anak muda dan kalangan dewasa wanita karier yang lebih matang, maka produk milik Lilik ini sengaja dibuat dalam dua kelas produk yang berbeda. Dan dalam tempo 2,5 tahun saja Lilik berhasil membukukan omset tak kurang dari 30 juta tiap bulannya. Dari omset tersebut, setidaknya 40% berhasil dicatatkan Lilik sebagai keuntungan.

Bagaimana bisa sebuah usaha aksesoris wanita yang berawal dari modal hanya 500 ribu bisa menghasilkan keuntungan lebih dari 10 juta? Apa rahasia dari seorang Lilik Setiawan? Berikut ini hasil kami mengulik rahasia bisnis dari Zidy Handycraft.

  • Temukan segmen pasar

Segmen pasar akan membantu Anda menemukan produk apa yang sesuai untuk Anda produksi. Tiap segmen pasar memiliki karakter dan selera yang perlu Anda adaptasi dalam produk Anda. Misalkan saja kalangan anak muda lebih suka produk dengan warna cerah, bentuk unik dan biasanya disertai harga yang terjangkau.

Berbeda dengan kalangan usia matang yang suka dengan aksesoris berkesan elegan, desain klasik dan memberi kesan mewah. Pada kelompok ini namun dari kalangan ekonomi yang relatif kuat, harga mahal sanggup mereka toleransi selama produk bisa cukup berkualitas.

  • Layani konsumen secara personal

Wanita suka dianggap special, sehingga memperlakukan mereka sebagai individu secara personal dan bukan sebagai bagian dari konsumen Anda belaka akan membuat mereka berasumsi Anda mengangap mereka special. Jadi jangan ragu kenali pelanggan Anda secara personal, tunjukkan kepedulian Anda dengan memberi saran, masukan atau malah membantu mereka menemukan aksesoris yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Cobalah mengajak mereka berbincang-bincang dan tunjukan Anda ingin mengenal mereka lebih jauh sebagai personal. Apresiasi pencapaian mereka dengan tulus sehingga mereka berpikir Anda bangga menjadikan mereka pelanggan Anda. Perasaan psikis ini akan mendorong mereka menjadi pelangan utama Anda.

  • Selalu mengikuti trend

Dunia aksesoris wanita kental kaitannya dengan dunia fashion. Dan satu yang pasti dari dunia fashion adalah pergerakan trendnya yang demikian cepat dan seakan terus bergerak. Penting untuk Anda selalu mengikuti trend dan mencoba mewadahi tiap trend dalam produk aksesoris yang Anda produksi. Karena para wanita tidak akan suka membeli produk aksesoris yang sudah ketinggalan jaman.

  • Permainan diskon

Diskon adalah senjata ampuh untuk menaklukan wanita di depan kasir. Cukup tawarkan sebuah produk yang memberi harga potongan, mereka biasanya akan bertindak impulsif untuk membeli. Jadikan ini sebagai cara Anda menutup target penjualan, dengan memasang diskon pada produk tertentu. Kadang permainan harga bisa Anda buat misalkan dengan menaikkan sedikit porsi keuntungan untuk sebelumnya Anda diskon. Anda juga bisa memberikan semacam voucher atau hadiah kepada konsumen sebagai ganti dari diskon.

  • Penataan tata ruang took

Gerai atau toko tempat Anda menjalankan usaha menempati posisi penting dalam usaha aksesoris wanita. Gerai yang tampil harus selaras dengan target yang Anda kejar. Misalkan untuk produk kelas anak muda, coba tata toko Anda dengan gaya penuh warna, ceria dan lucu. Anda masih bisa bermain dalam desain yang unik bahkan kadang tidak konvensional untuk menghadirkan atmosfer gaya anak muda. Atau malah pada kasus segmen kalangan wanita matang, hadirkan toko dengan desain elegan, modern atau malah klasik dan kekinian untuk menyesuaikan diri terhadap target pasar. Pastikan gerai selalu bersih, setiap produk selalu Anda pastikan dalam kondisi bersih dan tidak tertumpuk debu.

Dan kini Anda tau apa rahasia dari usaha aksesoris wanita. Kenali dengan baik pasar Anda dan ciptakan image yang berkaitan dengan segmen pasar yang menjadi target Anda. Berikan sentuhan personal untuk membuat setiap konsumen Anda istimewa.

(sumber gambar artikel usaha aksesoris wanita : www.bncaccessoris.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 8 =