usaha angkringanTertarik membuka usaha angkringan? Atau ingin menjajal peruntungan bisnis Anda dengan menjadi jurangan usaha angkringan dengan membangun beberapa gerobak? Kenapa tidak?? Tidak hanya di kota Jogja yang dikenal sebagai sentra angkringan, di kota-kota lain sekalipun angkringan masih mampu menjanjikan hasil menggiurkan.

Apalagi sebenarnya modal dari usaha angkringan ini terbilang rendah. Untuk satu gerobak saja, bisa jadi Anda hanya membutuhkan modal tak lebih dari 3 jutaan. Artinya untuk membuka 3 gerobak atau memulai usaha jurangan angkringan kelas pemula, Anda hanya membutuhkan modal kisaran 15 juta sudah termasuk kebutuhan 3 gerobak dan seluruh kebutuhan perangkat masak.

Baca Juga : 7 Ide Peluang Usaha Di Jogja Yang Menjanjikan

Terbilang murah kan untuk sebuah usaha kelas menengah? Apalagi kalau kita bandingkan potensi hasil dari satu gerobak yang bisa mencapai angka minimal 200 ribuan tiap malam atau sekitar 6 jutaan perbulan, bahkan mungkin lebih.

Untung minimal 200 ribu tiap malam? Benarkah demikian? Jelas saja bisa, asal Anda sukses membuat usaha angkringan Anda terus dikunjungi konsumen. Tetapi bagaimana cara membuat usaha angkringan nasi kucing Anda sukses? Beberapa tips berikut bisa menjadi masukan untuk Anda.

  1. Perhatikan masalah bagi hasil

Sebagai juragan angkringan, perhatikan dengan baik berapa nilai bagi hasil antara Anda sebagai pemilik usaha angkringan dengan tenaga penjaga. Biasanya tenaga kerja untuk angkringan kurang suka dengan metode penggajian. Mereka lebih suka dibayar dengan sistem sisa setoran atau dengan sistem bagi hasil. Atau dengan cara klasik share keuntungan dari tiap porsi yang terjual. Bagaimanapun, karyawan Anda sebagai penjual angkringan akan memegang tanggung jawab dalam pelayanan dan urusan keuangan di tiap tenda. Jangan sampai masalah pembayaran menjadi isu yang menghalangi mereka melayani dengan baik atau malah mendorong mereka menyelewengkan penghasilan.

  1. Pilih lokasi strategis

Harus diakui tidak ada usaha yang tidak memerlukan perhatian mendalam soal lokasi, sekalipun itu usaha online. Jadi wajar kalau sebelum Anda membuka usaha angkringan perhatikan dengan baik pilihan lokasi yang tepat untuk usaha angkringan. Ada banyak ide lokasi yang bisa Anda pilih seperti kawasan wisata, kawasan kampus, perkantoran, daerah asrama dan kost-kostan mahasiwa atau karyawan, kawasan pemukiman, daerah dekat pasar atau terminal dan masih banyak lagi. Selalu perhatikan bilamana ada biaya tambahan seperti retribusi lokasi yang perlu Anda bayarkan. Perhatikan pula suplai listrik dan air bersih untuk mendukung kelancaran usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here