usaha ayam bakarTips Sukses Menjalankan Usaha Ayam Bakar – Usaha ayam bakar merupakan salah satu pilihan usaha kuliner yang selalu bisa menjanjikan hasil menarik. Dengan teknik pengolahan dan penyajian yang tepat, pilihan menu satu ini memang sangat mampu menggugah selera. Dan ditambah dengan pengelolaan yang tepat, menu ini siap mengisi kantung Anda dengan cepat.

Baca Juga : Usaha Kuliner Kaki Lima Ayam Bakar Ini Balik Modal Hanya Dalam 3 Bulan

Menu ayam bakar termasuk jenis menu yang disukai segala usia dan kalangan. Dan menariknya hidangan ini kerap dianggap hidangan istimewa tanpa memandang ukuran usaha.Sampai-sampai kalangan atas sekalipun tidak akan segan menepi ke sebuah penjaja ayam bakar kaki lima yang dikenal menawarkan ayam bakar dengan rasa yang mampu menggugah air liur.

Inilah daya tarik usaha ayam bakar, potensinya yang besar terbukti dari banyaknya pelaku usaha ayam bakar yang mereguk sukses dengan bisnis ini. Bahkan tak sedikit pengusaha lokal yang berhasil melebarkan sayap usahanya secara nasional berkat sajian ayam bakar kebanggaan mereka.

Tetapi mencapai sukses dengan usaha ayam bakar bukan lantas menjadi urusan sederhana sebagaimana membalikan telapak tangan. Ada banyak proses dan rintangan yang perlu Anda hadapi bila ingin mencicipi kesuksesan dengan usaha  ayam bakar. Sekalipun bisnis ini potensial, tetap perlu pengelolaan yang tepat untuk menghantarkan Anda sukses dengan bisnis ayam bakar ini.

Lalu bagaimana pengelolaan yang tepat untuk usaha ayam bakar itu sebenarnya? Beberapa pelaku usaha ayam bakar nasional pernah mengutarakan kiat-kiat sukses mereka dan kami coba menghimpunnya di sini untuk Anda. Berikut adalah rangkuman beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis ayam bakar.

  1. Orientasi pada rasa

Tidak ada usaha kuliner yang bisa sukses bila sajian yang dihidangkan tidak unggul. Lidah tidak akan bohong dan ini penting untuk menjadi perhatian Anda, karena kekuatan dari usaha kuliner jelas terletak pada rasa yang ditawarkan. Jadi hal pertama yang harus Anda pastikan untuk sukses dengan usaha ayam bakar Anda adalah bagaimana menemukan resep dan teknik masak ayam bakar yang mampu menghadirkan rasa “maknyuss”. Jangan lupa juga soal sambal, lalapan dan aneka sajian pendamping lain.

  1. Memiliki ciri khas

Rasa ayam bakar yang enak, sambal yang nendang dan lalapan yang segar, kadang tak cukup membuat usaha ayam bakar bisa bersaing dengan baik. Beberapa usaha ayam bakar sengaja menghadirkan ayam bakar unik yang khas seperti ayam bakar taliwang, ayam bakar madu, ayam bakar bumbu padang dan sebagainya. Rasa yang berbeda memberi nilai lebih bagi usaha ayam bakar Anda. Tak hanya soal rasa, konsep warung makan yang unik, penyajian dengan nasi merah atau konsep penyajian yang bernuasa tradisional kadang bisa menjadi kekuatan dari sajian ayam bakar Anda.

  1. Nama yang mudah diingat

Ayam bakar adalah sebuah hidangan yang sangat general dan mudah ditemukan. Untuk itu penting menemukan identitas yang membuatnya mudah dikenal. Misalkan dengan penamaan yang unik, sederhana tetapi mudah diingat. Masih ingat ide ayam bakar wong solo yang khas itu.  Pelekatan kata Solo memberi kesan sajian ayam bakar menggunakan bumbu ala jawa yang legit dan ini memberi identitas kuat bagi produk.

  1. Lancarkan promosi

Tidak ada usaha yang bisa bertahan dan sukses bila mengabaikan masalah pemasaran dan promosi. Anda yang menjalankan bisnis ini dari skala kecil bisa memulai dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut ke beberapa rekan, kolega dan tetangga sekitar Anda. Beberapa pelaku usaha ayam bakar menjaring konsumen dengan membuka jalur informai promosi via media sosial.

Baca Juga : Potensi Dahsyat dari Usaha Ternak Ayam Cemani

  1. Jalin kerjasama

Kebanyakan pelaku usaha kuliner berhasil mereguk sukses setelah mulai berani membangun kerjasama. Kerjasama sendiri bisa Anda buka dengan banyak pihak, seperti dengan jasa travel agent untuk menyediakan ransum untuk rombongan wisata, dengan pihak  event organizer untuk menyediakan konsumsi acara gathering, kerjasama dengan catering untuk mensuplai ayam bakar dalam sajian buffet dan masih banyak lagi. Belakangan ada pula cara baru dalam berpromosi melalui teknik kerjasama. Misalkan dengan menjadi narasumber artikel kuliner bagi sebuah website kuliner atau menjadi narasumber bagi website bisnis.

  1. Perhatian dengan karyawan

Pada usaha ayam bakar skala menengah, biasanya mereka sudah mulai merekrut karyawan. Perlakukan karyawan Anda dengan baik dan ciptakan hubungan kekeluargaan dengan mereka. Semakin mereka merasa menjadi bagian dari usaha Anda, semakin loyal mereka dan siap memberikan yang terbaik untuk usaha Anda, termasuk melayani konsumen dengan optimal.

  1. Bangun hubungan baik dengan konsumen

Ini salah satu kunci penting bisnis, apapun itu bentuk bisnisnya. Jadilah pemilik usaha yang mampu membangun chemistry dengan konsumen. Buat konsumen merasa Anda adalah penjual yang menyenangkan dan bangun komunikasi seakan mereka adalah bagian dari Anda dan usaha Anda. Hubungan yang baik dan bersinergi dengan pelayanan yang optimal akan menjadi kekuatan untuk membangun konsumen loyal. Tak ada yang lebih luar biasa dari memiliki sekumpulan konsumen loyal.

Itu tadi sekelumit tips sukses yang bisa Anda praktekkan dalam menjalankan peluang usaha ayam bakar. Menjadi sukses dengan usaha memang sangat kompleks, ada banyak aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum akhirnya mencicipi keberhasilan.

(sumber gambar artikel usaha ayam bakar : hello2day.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − six =