usaha bengkel lasKali ini kami akan mencoba mengulas mengenai prospek dari membuka usaha bengkel las dan bagaimana mempersiapkan pembukaan usaha ini dalam skala kecil menengah.

Meski usaha bengkel las bukan jenis usaha yang asing bagi Anda, bahkan bisa jadi tak jauh dari kediaman Anda juga berdiri sebuah usaha serupa, tetapi tak banyak memang yang mengulas mengenai usaha jenis ini dan bagaimana cara untuk membangun usahanya.

Perkembangan bisnis dari usaha bengkel las memang cukup pesat seiring dengan meningkatnya permintaan jasa las besi dan logam dewasa ini. Ada banyak hal yang melatari meningkatnya permintaan dari pasar jasa las dan inilah yang membuat usaha bengkel las terus hidup dan berkembang bahkan bisa menjadi sangat menjanjikan.

Baca Juga : Potensi Usaha Yang Menjanjikan, Bengkel Modifikasi Motor

Jasa las pada dasarnya adalah jasa menyambung besi dan logam supaya lekat dengan proses pembakaran dan pemanasan. Ada banyak sekali produk yang membutuhkan proses pengelasan untuk dapat menghasilkan produk sempurna, kebanyakan memang terkait dengan konstruksi tetapi sebagian lain juga terkait dengan beberapa industri lain.

Sebut saja pembuatan rangka rumah, rangka atap, pagar, teralis dan kuda-kuda. Selain itu jasa las juga bisa membantu memperbaiki beberapa masalah domestik seperti perbaikan rangka sepeda dan motor, atau industri kecil pembuatan jemuran besi. Masih banyak lagi produk lain yang memanfaatkan jasa las ini untuk proses pembuatan dan finishingnya.

Peningkatan industri property bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya permintaan terhadap jasa las. Setidaknya untuk sebuah rumah saja, diperlukan setidaknya 3 – 4 bagian yang membutuhkan proses pengelasan dan ini bisa menjadi pasar yang prospektif bagi usaha bengkel las. Bayangkan dengan perkembangan perumahan belakangan ini dimana setidaknya 1 – 2 perumahan baru terus bermunculan tiap bulannya.

Tetapi dalam memulai usaha bengkel las, terutama las listrik Anda tidak bisa membukanya sembarangan tanpa perhitungan sebagaimana Anda membuka usaha kelontong. Anda perlu memahami medan dengan lebih baik termasuk dari sisi pemahaman teknis sampai pemahaman yang matang dalam pemasaran.

Percuma saja membuka usaha ini kalau Anda tidak bisa menemukan pasar strategis untuk mendapatkan konsumen. Tetapi lebih percuma lagi kalau Anda dan tim kerja Anda tidak sepenuhnya memahami cara melakukan proses pengelasan.

Baca Juga : 3 Tips Sukses Menjalankan Usaha Steam Motor

Pasalnya pengelasan bisa menyangkut resiko nyawa. Bayangkan kalau Anda harus membuat rangka rumah dan proses pengelasan yang Anda lakukan tidak sempurna. Bisa jadi rumah yang nantinya dibangun akan mudah rubuh dan rapuh hanya karena rangka yang tidak sepenuhnya terekatkan dengan sempurna. Belum lagi resiko kecelakaan kerja yang bisa mengancam mengingat peralatan yang Anda gunakan juga relatif berbahaya.

Apa saja yang perlu Anda siapkan dalam memulai usaha bengkel las listrik? Berikut ini beberapa panduannya untuk Anda.

  • Permodalan

Harus diakui untuk memulai usaha bengkel las memang tidak sesederhana membuka toko kelontong. Modal awalnya tidak kecil mengingat sebagian peralatan menggunaan teknologi dan tergolong mahal. Modal yang Anda perlukan bisa berada pada kisaran di atas 50 juta untuk sebuah usaha kelas menengah. Adapun rinciannya bisa dalam estimasi sebagai berikut :

ESTIMASI MODAL USAHA BENGKEL LAS LISTRIK :

Kontrak lahan       7.500.000
Setting display kios       700.000
Mesin las litrik       8.000.000
Mesin gerindra       500.000
Mesin potong gerindra       400.000
Mesin pembengkok besi       750.000
Rak-rak       1.000.000
Mobil Pick Up       25.000.000
Peralatan lain       800.000
Total modal awal       44.650.000
Modal kerja       20.000.000

Total modal       64.650.000

  • Pemilihan lokasi

Lokasi menempati posisi penting dalam menjalankan usaha bengkel las. Ada beberapa aspek dalam mempertimbangkan lokasi sebuah usaha bengkel las seperti lokasi yang sebaiknya mudah diakses dan dekat jalan raya mengingat Anda perlu mengantarkan barang-barang las dengan kendaraan roda empat yang akan sulit Anda lakukan bila lokasi tidak terakses jalan raya. Lokasi juga relatif tidak dekat pemukiman rumah tinggal mengingat bengkel las cenderung berisik. Perhatikan aspek ukuran lokasi usaha mengingat Anda juga kadang bisa menggarap pengelasan barang berukuran besar.

  • Tenaga kerja

Bila Anda fokus pada usaha bengkel las skala menengah, maka sebaiknya fokuslah untuk mencari tenaga kerja professional yang cukup terlatih. Pasalnya Anda akan melayani pasar konstruksi yang akan sangat beresiko bila tidak dijalankan oleh yang ahli. Juga perlu Anda pahami akan tingginya resiko kecelakaan kerja pada usaha bengkel las. Memperkerjakan mereka yang sudah terlatih akan menekan resiko. Setidaknya separuh dari tenaga dan sudah terlatih sehingga sisanya bisa belajar sambil berjalan.

  • Pemasaran

Akan sangat efektif bila Anda juga melancarkan jurus pemasaran dengan melemparkan penawaran ke para pelaku usaha konstruksi. Ini akan membantu Anda mendapatkan proyek besar dengan nilai yang cukup menjanjikan ketimbang menggarap skala kecil. Tetapi sebaiknya pastikan dulu kesesuaian kapasitas usaha bengkel las Anda dengan pekerjaan yang Anda ambil.

Dan kini Anda siap menjalankan usaha bengkel las Anda. Awali dari skala kecil menengah dan kembangkan secara bertahap akan membantu Anda menjajaki usaha ini dengan lebih baik. Karena ketika Anda lebih siap dengan proyek lebih besar begitu Anda sudah terlatih dalam menggarap proyek menengah lebih kerap.

(sumber gambar artikel usaha bengkel las : www.sembada.wordpress.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − nine =