usaha cuci motorUsaha cuci motor termasuk usaha yang memiliki potensi sangat besar. Demikian menjanjikan, sehingga sekalipun terdapat begitu besar persaingan di pasar, masih ada cukup permintaan di pasar yang mampu memenuhi seluruh penawaran.

Paling tidak ada dua hal yang menyebabkan usaha cuci motor selalu memiliki tingkat permintaan yang tinggi di pasaran. Pertama karena pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan bermotor roda dua yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Tingginya tingkat kepemilikan motor sampai Anda bisa jumpai beberapa keluarga yang bisa memiliki lebih dari 2 motor.

Dan menariknya kepemilikan motor cenderung lebih merata dari kepemilikan mobil. Tingkat kepemilikan motor tetap tinggi tanpa kecuali, baik itu di kota besar maupun di kota kecil. Berbanding terbalik dengan tingkat kepemilikan mobil di kota kecil yang cenderung rendah.

Faktor kedua karena tingginya kebutuhan masyarakat akan sarana yang praktis. Di kala pola masyarakat modern yang demikian sibuk dengan aktivitas masing-masing, banyak pemilik motor tak lagi memiliki cukup waktu untuk mencuci dan merawat motor mereka sendiri. Padahal bagaimanapun demi menjaga keawetan tampilan motor, pencucian jelas sebuah keharusan. Akhirnya usaha cuci motor menjadi solusi yang praktis untuk memfasilitasi kebutuhan ini.

Meski dihadapkan dengan permintaan yang tinggi, tidak lantas Anda bisa menafikan adanya persaingan yang ketat pada pasar usaha cuci motor. Dan ketika sebuah usaha berhadapan dengan persaingan yang ketat, jelas pemilik usaha tidak bisa hanya berpangku tangan menunggu mekanisme pasar bekerja. Penting untuk melakukan strategi agar bisa mendapatkan porsi dari kue permintaan atau akhirnya harus mundur teratur.

Baca Juga : 3 Tips Sukses Menjalankan Usaha Steam Motor

Salah satu tips penting dalam membuka usaha cuci motor yang mampu bersaing adalah dengan menentukan lokasi secara tepat. Sebenarnya masalah penentuan lokasi usaha bukan sekedar masalah dari jenis usaha cuci motor, apapun usahanya masalah lokasi bisa menjadi sangat krusial. Apalagi kalau Anda menjalankan bisnis non online.  Kadang kesalahan dalam memilih lokasi bisa berakibat fatal terhadap usaha Anda.

Secara umum, ada beberapa pilihan dalam menentukan lokasi bagi usaha cuci motor. Dan untuk setiap pilihan lokasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk bisnis cuci motor berikut dengan kelebihan dan kekurangannya.

  1. Lokasi pada kompleks cucian motor

Di beberapa daerah Anda bisa temukan satu kawasan dimana disana berjajar jasa pencucian motor. Beberapa pelaku usaha cuci motor melihat lokasi semacam ini memiliki nilai lebih dari sisi kemudahan mendapatkan konsumen. Dengan membuka usaha secara berkelompok semacam ini, konsumen cenderung akan datang ke lokasi yang sama. Dan bisa jadi Anda secara random terpilih dari deretan penyedia jasa yang sama. Persaingan dalam pemilihan lokasi ini bisa menjadi sangat ketat. Anda harus berjuang menciptakan sebuah nilai lebih yang dapat mendorong calon konsumen yang datang ke lokasi Anda memilih Anda. Bukan sekedar karena efek random karena ini sifatnya sangat lemah. Apalagi kalau Anda dipilih karena yang lain udah terlanjur ramai.

  1. Lokasi dekat pemukiman

Pemukiman penduduk selalu bisa menjadi pilihan terbaik dalam membuka jasa pencucian motor. Karena di sana Anda akan menemukan sejumlah besar pasar potensial yang siap menjadi konsumen langganan Anda.  Apalagi bila Anda bisa menemukan kawasan pemukiman yang tidak terlalu dekat jalan utama, karena selain lokasi terisolasi membuat mereka tidak punya banyak pilihan selain mencucikan motor pada bisnis cuci motor Anda, tetapi juga karena biasanya biaya sewa lokasinya cenderung lebih murah. Tetapi Anda harus pandai membangun komunikasi dengan konsumen Anda,  dan berupaya menjadi bagian dari komunitas mereka untuk bisa diterima utuh. Karena mereka saling bertetangga, sehingga satu penilaian positif akan mendorong penilaian positif yang lain dan demikian pula sebaliknya.

  1. Lokasi dekat kampus atau kantor

Pilihan menarik lain adalah dengan membuka usaha cuci motor di kawasan perkantoran atau kawasan kampus. Di sana ada cukup banyak konsumen yang siap menjadi pelanggan Anda dan akan terpikat dengan ide praktis membiarkan motor mereka Anda rawat sementara mereka bekerja atau kuliah. Hanya saja kembali pergaulan yang berada dalam lingkungan kecil semacam ini perlu menjadi satu perhatian bagi Anda. Komunikasi yang baik, kenyamanan konsumen dan kepuasan selalu menjadi nomor utama untuk bisa memastikan efek ketok tular berjalan sukses.

Baca Juga : Tips Menjalankan Usaha Bengkel Motor Variasi

  1. Lokasi di pasar

Pasar adalah pusat lalu lalang orang dan ini bisa menjadi pilihan menarik untuk bisnis cuci motor. Dan di sana juga akan ada begitu banyak pengunjung yang datang berkendara motor. Mereka siap menjadi pangsa pasar usaha cuci motor Anda selama Anda mampu memikat mereka. Harga sewa lokasi cenderung mahal, jadi Anda harus cukup bijak dalam mengelola keuangan. Kondisi yang ramai dan hiruk pikuk kadang membuat usaha Anda tenggelam. Jadi buat usaha Anda tampak mencolok dan buat banner yang memikat dengan penawaran yang ekonomis, seperti cuci motor 5 kali gratis 1.

Masalah lokasi kini sudah teratasi kan? Anda sudah bisa membayangkan dimana lokasi terbaik yang akan menjadi pilihan Anda untuk membuka usaha cuci motor sederhana?

(sumber gambar artikel usaha cuci motor : ifind.vn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − six =