usaha gorenganIngin menjajal usaha yang mudah juga murah meriah serta dijamin bakal digemari pasar? Mungkin ide usaha gorengan bisa jadi pilihan.

Gorengan kerap menjadi pilihan favorit ketika orang mencari camilan. Jadi tidak perlu repot lagi berburu konsumen, karena pasar untuk gorengan sudah tersedia dalam jumlah relatif besar.

Hanya saja tak selamanya usaha gorengan bisa berjalan dengan lancar tanpa rintangan, tak mudah menemukan lokasi atau kawasan yang bebas persaingan pedagang gorengan.

Kebanyakan daerah sudah memiliki setidaknya 1 – 2 penjaja gorengan sehingga mau tidak mau Anda sebagai pendatang baru harus bersaing ketat dengan pelaku usaha gorengan lama.

Baca Juga : Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Menggiurkan, Nugget Sayuran

Tidak mudah memasuki pasar dengan persaingan yang demikian ketat, sekalipun tersedia konsumen yang besar untuk menampung produk di pasar. Dan di sinilah Anda membutuhkan strategi khusus untuk membantu Anda mampu bersaing dengan baik di tengah pasar yang sudah dipadati penjual.

Dalam salah satu teori klasik dunia bisnis, salah satu cara terbaik dalam menghadapi persaingan adalah dengan berinovasi, inovasi dalam usaha merupakan salah satu cara membuat produk laku. Inovasi akan membantu produk Anda berbeda dan perbedaan ini akan menarik rasa penasaran konsumen di pasar. Setidaknya rasa penasaran ini bisa mendatangkan pembelian pertama. Pembelian pertama ini bisa berkembang menjadi pelanggan bagi Anda bila Anda berhasil memuaskan rasa penasaran konsumen baru ini.

Lalu bagaimana berinovasi dalam usaha gorengan? Mudah saja, inovasilah dengan rasa dan konsep sajian. Penganan gorengan bisa Anda jual dalam rasa, bentuk sampai konsep yang berbeda dari kebanyakan penjaja lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa inovasi usaha gorengan yang bisa menjadi contekan untuk Anda.

  • Gorengan premium

Siapa bilang gorengan harus identik dengan makanan murah meriah. Tambahkan isian daging, tuna, telur bebek, jamur, atau sayuran premium macam brokoli dan asparagus. Dijamin hidangan Anda akan terasa khas dan memiliki nilai jual yang membuatnya layak dijual dengan harga lebih tinggi. Jangan lupa gunakan bahan baku berkualitas untuk memastikan rasa dan tampilan gorengan sesuai dengan harga yang Anda bandrol.

  • Gorengan dengan rasa unik

Buat molen dengan isi nanas, cireng dengan aneka rasa unik atau buat martabak mini dengan bumbu kari berempah khas India bisa jadi pilihan untuk membuat konsumen tertarik menjajal gorengan yang Anda jual. Sesuatu yang berbeda dan belum pernah ada biasanya selalu membuat penasaran dan ini bisa mendatangkan konsumen membeli produk Anda untuk sekedar mencicipi gorengan unik Anda. Kalau gorengan Anda memang enak, dari sekedar rasa penasaran bisa berubah menjadi pelanggan setia.

  • Mengangkat produk daerah yang unik

Di daerah tertentu di Sulawesi, gorengan disajikan bersama sambal khusus dengan bumbu terasi cair yang dikenal juga dengan nama bakasan. Ide unik ini bisa Anda angkat untuk membuat usaha gorengan Anda berbeda. Gorengannya sih biasa, yang tidak biasa sambalnya.

Jargon ini akan membuat orang penasaran sambal macam apa yang Anda tawarkan sampai membuatnya istimewa. Dengan bermodal sambal berbeda saja Anda bisa bandrol gorengan Anda sedikit di atas harga pasaran dan membuat Anda lebih untung dari harga gorengan pada umumnya.

Ide unik lain terkait konsep ini bisa dengan menjual tempe mendoan asli Kebumen dengan menggunakan tempe tipis asli dari Kebumen. Hanya di kawasan ini saja Anda bisa menemukan tempe yang dibuat tipis dan siap goreng. Tentu saja ini memberi pengalaman kuliner berbeda bagi konsumen.

  • Gorengan sehat

Banyak sekali orang yang sebenarnya menggemari gorengan tapi sudah tidak bisa lagi leluasa menikmati gorengan karena masalah kesehatan. Minyak goreng yang tidak sehat membuat makanan ini tidak aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit tertentu.

Baca Juga : Usaha Nasi Goreng Dan Seluk Beluk Inovasinya

Anda bisa memberi mereka solusi dengan memproduksi gorengan dengan bahan lebih sehat, misalkan dengan sayuran lebih padat, dengan minyak khusus diet seperti minyak goreng bunga matahari yang lebih sehat. Soal harga bisa dijual lebih mahal, dan tentu saja perlu menemukan konsumen khusus yang mencari gorengan sehat. Tetapi dijamin ide ini akan memberi Anda nilai jual lebih baik dari kebanyakan gorengan.

  • Gorengan siap saji

Ide satu ini berbeda dengan ide lain yang kami urai di atas. Ketika usaha gorengan yang lain lebih pada penjaja camilan siap makan, maka yang satu ini justru menjajakan camilan untuk disimpan di lemari pendingin sebagai stok ketika membutuhkan sewaktu-waktu. Anda bisa coba sajian seperti tahu bakso sampai aneka bakso goreng, martabak siap saji dan masih banyak sajian siap saji lain. Ide ini akan menarik banyak ibu rumah tangga yang ingin bisa menyajikan camilan rumahan tanpa ribet mengolahnya dari awal.

Itulah beberapa ide unik yang bisa Anda adopsi untuk usaha gorengan yang akan Anda kembangkan. Dengan mengadopsi ide-ide di atas, Anda bisa menambah nilai jual gorengan Anda dengan harga yang lebih baik, keuntungan lebih besar dan daya jual yang juga lebih tinggi.

(sumber gambar artikel usaha gorengan : www.totosp.wordpress.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =