usaha jamur tiramBudidaya jamur tiram belakangan memang sedang banyak diminati. Pasar yang terbuka sangat lebar disertai permintaan yang relatif tinggi membuat usaha jamur tiram menjadi sangat menggiurkan.

Perkembangannya juga terbilang pesat, mengingat sekitar 10 tahunan lalu jamur tiram hanya dikonsumsi secara terbatas dan tak banyak dikenal masyarakat.

Kesadaran masyarakat akan tingginya nutrisi jamur seperti kandungan vitamin, mineral dan banyak senyawa penting lain di dalamnya mendorong masyarakat memilih untuk memanfaatkan jamur sebagai hidangan di rumah.

Baca Juga : Bisnis yang Menjanjikan dengan Budidaya Bunga Melati

Belum lagi bermunculan banyak pelaku usaha yang memboyong usaha kuliner dengan konsep hidangan jamur. Dan dari sekian banyak pilihan jamur, jamur tiram termasuk jenis yang difavoritkan. Rasanya yang cenderung netral, harganya yang terbilang murah dan kemudahan untuk diolah menjadikan usaha jamur tiram juga turut terdongkrak popularitasnya di pasaran.

Bentuk khasnya yang menyerupai lempeng tiram menjadi dasar penamaan jamur yang bisa berkembang menjadi ukuran 15 cm perlempengnya ini. Dan bila Anda tertarik mengais hasil dari potensi ini, Anda bisa mencoba membuka usaha jamur tiram skala rumahan di pekarangan rumah Anda.

Usaha jamur tiram termasuk usaha dengan modal yang kecil dan bisa Anda jalankan di area yang terbatas, termasuk di pekarangan rumah Anda yang sempit. Keunggulannya karena usaha ini bisa Anda jalankan dengan konsep bangunan non permanen vertikal yang tidak banyak memakan ruang.

Apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha jamur tiram? Berikut rinciannya.

  • Kumbung ( wadah penyimpanan )       2.000.000
  • Sistem perairan       1.500.000
  • Botol baglog (1300 buah)       1.500.000

           Biaya awal             5.000.000

  • Biaya pembuatan baglog 1000 buah       1.500.000
  • Operasional ( 35 hari )       1.300.000

           TOTAL                                                   2.800.000  

Selain hanya memakan modal yang relatif kecil, usaha jamur tiram juga termasuk usaha yang mudah untuk Anda jalankan. Bahkan mudah pula untuk Anda pelajari sebagai seorang yang awam. Proses produksinya sederhana dan tidak memakan waktu Anda, sehingga bisa pula Anda jalankan sebagai usaha sampingan. Adapun tahapan dalam menjalankan usaha jamur tiram adalah sebagai berikut.

1. Tahap persiapan

Pada tahap ini ada beberapa poin yang penting untuk Anda lakukan, yakni persiapan lokasi dan lahan, persiapan media tanam dan bibit dan persiapan pasar. Dan untuk lebih jelasnya berikut adalah rincian dari tiap poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here