usaha mie ayamAda beberapa bisnis yang memang memiliki potensi abadi seakan tak akan lekang oleh perkembangan jaman.

Bisnis semacam ini sifatnya sangat lokal, yang artinya satu jenis bisnis yang abadi di satu daerah bisa saja tidak akan menarik untuk Anda terapkan di kawasan lain.

Ini tekait dengan kultur dan selera dan pasar. Dan bila sudah bicara bisnis abadi di Indonesia, rasanya beberapa bisnis klasik macam usaha bakso, usaha mie ayam dan usaha-usaha klasik lain akan masuk dalam urutan.

Kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai usaha mie ayam. Kebanyakan orang pasti pernah mencicipi legitnya hidangan mie ayam. Beberapa penggemarnya juga menggemari mie ayam dengan beragam tambahan menu macam pangsit ataupun ceker.

Baca Juga : Terjun di Usaha Gorengan dengan Modal Inovasi Makanan

Jangan lupa dengan beberapa trend yang sempat muncul di pasaran mengenai usaha mie ayam seperti mie ayam pelangi atau mie ayam bakar.

Begitu tingginya minat pasar terhadap mie ayam membuat pasar dari produk ini memang terbilang sangat besar. Meski persaingan sebenarnya sudah relatif padat, tak lantas peluang dari usaha mie ayam habis. Malah sebenarnya masih ada peluang untuk pendatang baru.

Tetapi tentu saja untuk memasuki pasar usaha mie ayam dimana pemainnya sudah relatif banyak, Anda tidak bisa lagi sekonyong-konyong masuk tanpa strategi. Ketika Anda masuk ke dalam pasar ini dan tidak menentukan strategi yang tepat, bisa jadi usaha mie ayam yang digadang sebagai usaha potensial pun tak mampu meraih hasil sesuai harapan.

Strategi tak selamaya harus berkisar pada ha-hal besar. Karena kadang dari usaha mie ayam gerobakan sekalipun Anda sudah bisa mereguk hasil jutaan tiap bulan. Malah usaha dengan konsep mewah mau tidak mau akan memaksa Anda mengeluarkan modal lebih besar untuk penataan resto.

Dan apa saja strategi yang perlu Anda siapkan ketika berminat untuk memulai usaha mie ayam? Berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda gunakan.

1. Resep

Sebagaimana kebanyakan usaha dalam bidang kuliner lain, masalah resep dan rasa selalu menempati urusan pertama. Usaha Anda tak akan sukses bila rasa dari hidangan Anda tidak sesuai selera. Kita tidak hanya bicara soal enak, tetapi sesuai selera pasar.

Kita tidak hanya bicara soal inovasi tetapi juga soal keistimewaan. Percuma bila Anda mencari mie ayam dengan inovasi unik tetapi kalau rasanya biasa saja dan tidak memberi nilai lebih dari hidangannya. Malah resep klasik yang terasa sangat nendang kadang bisa lebih kuat bersaing dari ide-ide unik macam tadi.

2. Lokasi

Pemilihan lokasi penjualan juga menempati posisi penting dalam strategi usaha Anda. Sebaik apapun resep yang Anda buat, pastikan Anda memilih lokasi yang sesuai dengan produk dan konsep Anda. Mie ayam klasik yang nendang dan murah meriah bisa memilih lokasi strategis model dekat pasar, dekat kampus atau dekat kawasan perumahan.

Baca Juga : Peluang Usaha Minuman Jus Buah? Baca Dulu Ini

Tapi ide unik dengan mie ayam bakar, mie ayam aneka rasa mungkin akan lebih cocok untuk dibuka dikawasan yang lebih memberi nilai eksklusif seperti kawasan mall atau dekat pertokoan. Kadang memilih usaha model gerobak yang bisa berjalan juga bisa menjadi ide terbaik untuk usaha mie ayam, karena cara ini akan memberi Anda peluang jemput bola. Nyatanya banyak konsumen potensial di kawasan perumahan yang enggan keluar rumah untuk sekedar berburu semangkuk mie ayam.

3. Konsep usaha

Bila selama ini ide membuka usaha mie ayam selalu identik dengan konsep gerobak atau kedai kaki lima kecil-kecilan, maka dewasa ini mie ayam juga bisa naik pangkat sampai ke dalam mall atau dalam bentuk resto kelas menengah dan eksklusif.

Baca Juga : Tips Bagaimana Meningkatkan Omset Penjualan

Tentu saja kita harus menyesuaikan konsep usaha ini dengan kelas pasar yang kita bidik. Harus ada kesesuaian antara kelas yang kita bidik, dengan lokasi, produk, tata ruang usaha sampai harga.

4. Keistimewaan

Kadang rasa dan hidangan tak selamanya mempan menjadikan usaha mie ayam Anda sukses bersaing di dunia bisnis kuliner. Kadang Anda membutuhkan lebih dari sekedar memuaskan selera untuk bisa membuat konsumen memilih bertandang ke kedai milik Anda. Itulah sebabnya kami sampaikan pentingnya menentukan konsep usaha dan di sinilah pula Anda sematkan keistimewaan dari usaha yang Anda jalankan.

Misalkan dengan membuka usaha mie ayam aneka rasa dengan konsep warung gaul disertai dengan pelayan yang memiliki wajah rupawan. Atau dengan membuat konsep warung kebun yang unik di alam terbuka dimana konsumen bisa mencicipi mie ayam sembari menyesap udara segar dibawah pohon rindang.

Jadi bagaimana dengan ide usaha mie ayam yang akan Anda realisasikan? Adakah beberapa panduan di atas memberi Anda beberapa inspirasi baru untuk membentuk strategi terbaik untuk mewujudkan usaha mie ayam Anda sendiri?

(sumber gambar artikel cara usaha mie ayam : www.jonoandjules.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =