usaha modal minimSeringkali pelaku usaha pemula harus terbentur beberapa kendala. Apalagi bila ini adalah usaha modal minim. Keterbatasan modal bisa menjadi penghalang bagi usaha tersebut untuk mengembangkan usaha dan pemperlebar pasar.

Itulah yang dialami oleh Dony Savinus pada awal usahanya. Hanya dengan modal sebesar 20 juta pada awal usahanya, Dony terpaksa harus mengatur siasat sedemikian rupa untuk tetap mampu memenuhi permintaan pasar.

Pasalnya, demi mendapatkan agen Dony harus menerapkan pembayaran secara termin 1 bulan. Sementara usaha modal minim ini masih harus terus berproduksi, penerimaan harus tertunda 1 bulan.

Baca Juga : Tips Bagaimana Meningkatkan Omset Penjualan

Lantas apa solusi yang Dony lakukan untuk mengatasi situasi usaha modal minimum ini? Pada satu kesempatan, Dony Savinus berbagi kiat-kiat yang dia lakukan dan pada kesempatan ini bukausahayuk.com akan membagi informasi tentang usaha modal minimal tersebut pada Anda.

  1. Atur jadwal produksi seefektif mungkin.

Satu kali proses produksi akan memakan biaya listrik, tenaga dan sebagainya. Jadi upayakan membuat jadwal produksi secara efisien. Dony mengatur produksi hanya 2 kali dalam 1 bulan. Jadi tidak ada produksi diluar jadwal.

  1. Persiapkan produksi.

Sebelum proses produksi, Dony sudah menentukan desain, seluruh bahan yang diperlukan hingga perkiraan tenaga pekerja. Jadi semua sudah terhitung dengan teliti semua Dony siapkan secara ketat sesuai dengan kebutuhan saja.

Justru cara ini membuat sebuah produk terkesan eksklusif karena corak yang sama hanya diproduksi secara terbatas pada satu kali masa produksi saja. Pada produksi berikutnya bisa jadi bahan yang sama sudah tidak ada di supplier.

  1. Sisihkan margin.

Dony menciptakan kesan eksklusif pada produk baju muslim buatannya. Ini karena satu model hanya akan dibuat dalam jumlah terbatas saja. Karenanya Dony berani memasang margin hingga 40%.

Dari nilai margin ini, Dony membagi dua menjadi keuntungan yang masuk pendapatan usaha dan masuk dalam suntikan modal. Dengan begitu dalam 1 tahun saja modal usaha Dony sudah berkembang hingga 300%.

Baca Juga : Belajar Bisnis Pemula dari Game Dinner Dash

  1. Gunakan jasa pihak ketiga.

Dalam produksi pakaian muslim, kadangkala terdapat proses yang membutuhkan tenaga ahli yang mahal atau peralatan mahal. Contohnya bordir. Dony sengaja menggunakan jasa makloon atau melempar pekerjaan pada rekanan bordir, ketimbang harus membeli peralatan yang mahal. Jadi pada prinsipnya, Anda gunakan jasa pihak ketiga untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tenaga ahli mahal.

(sumber gambar artikel usaha modal minim : www.kaskus.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here