usaha steam motorAnda yang sedang mencari ide usaha, sebenarnya tak selamanya harus memulainya dari ide-ide besar. Kadar dari ide yang ada di sekitar Anda saja sudah bisa memberi Anda peluang besar. Termasuk ide usaha steam motor ini.

Urusan perawatan dan pencucian motor sebenarnya sangat mudah untuk Anda jalankan dirumah sendiri. Tetapi ketika banyak orang sudah terlalu sibuk dengan aktivitas mereka sampai tak punya cukup waktu untuk perawatan motor, jelas usaha steam motor bisa jadi pilihan.

Apalagi dewasa ini layanan dalam steam motor semakin lengkap dan beragam. Anda bisa jumpai beragam jasa layanan untuk menjaga kondisi tampilan fisik kendaraan roda dua Anda, supaya dapat mempertahankan kualitas warna dan kilaunya tetap awet.

Peluang usaha steam motor sendiri bisa Anda mulai dengan modal yang relatif ringan. Pasalnya usaha ini tidak membutuhkan ruang mewah dan besar, dengan peralatan yang sebenarnya tidak terlalu memakan biaya. Berbeda dengan usaha perbengkelan dan usaha steam mobil yang memakan modal besar dan biaya operasional yang juga tidak kalah besar.

Meski demikian bila sudah bicara soal keuntungan, maka keuntungan potensial yang dapat Anda peroleh tetap saja menjanjikan. Bukan tidak mungkin untuk menjadi lebih potensial dibandingkan usaha bengkel atau usaha steam mobil yang lebih berskala besar.

Untuk bisa melihat sebaik apa potensi dari usaha steam motor, Anda perlu melihat bagaimana estimasi penghasilan dari usaha steam motor ini dan bagaimana peluang hasil yang bisa Anda bukukan dari usaha steam motor ini.

Biasanya jasa cuci motor ini membebankan harga sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu. Harga di tiap kota bisa berbeda begitu juga dengan harga dari setiap jenis motor tergantung ukuran motor. Asumsikan saja bila dalam satu hari setidaknya 30 motor bisa dicuci, maka artinya untuk satu hari Anda bisa menghasilkan kisaran 150 ribuan. Kita ambil asumsi angka prosentasi rata-rata keuntungan mencapai 30 % – 50 % sehingga profit bersih Anda akan mencapai 50 – 70 ribuan sehari.

Apakah target konsumen sebanyak 30 motor itu realistis? Jelas iya, meski penghasilan sangat bergantung pada posisi usaha Anda nantinya. Mari kita coba ambil pendataan yang dilakukan di kota Yogya. Berdasar survey terhadap usaha steam motor di kota Yogyakarta terutama di kisaran kawasan kampus, para pelaku usaha cuci motor ini bahkan mengaku dapat melayani sekitar 40 -50 motor sehari, angka ini bisa berkembang lebih besar lagi ketika musim penghujan datang.

Berbeda dengan lokasi di kawasan dekat perumahan, dalam satu hari sebuah usaha steam motor bisa melayani mencapai 30 -40 motor yang mereka garap. Anda lihat dengan modal kecil tak lebih dari 5 juta Anda sudah bisa membuka usaha steam motor yang menguntungkan.

Meski demikian tetap ada masalah yang perlu Anda hadapi dalam menjalankan peluang usaha steam motor ini. Perkembangan permintaan juga diiringi dengan peningkatan persaingan. Anda harus mengatur strategi yang spesifik dan tepat menaklukan pasar. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi acuan Anda dalam menjalankan usaha steam mobil.

  1. Pemilihan lokasi

Penting bagi sebuah unit usaha untuk selalu memperhatikan lokasi usaha, malah lokasi bisa menempati urutan pertama. Lokasi tetap menempati posisi penting dalam jasa pencucian motor. Anda harus bisa menjemput bola dengan membangun usaha di lokasi yang mudah diakses oleh konsumen karena bagi mereka para konsumen usaha steam motor kepraktisan selalu menjadi poin penting.

Oleh karenanya makin Anda dekat dengan konsumen semakin mudah Anda menarik mereka menggunakan jasa Anda. Kadang beberapa pelaku usaha steam motor mendirikan usaha di lokasi dekat dengan bengkel dan steam motor lain demi lebih mudah untuk ditemukan konsumen.

  1. Promosi tepat

Promosi adalah senjata ampuh mendatangkan konsumen. Tidak perlu selalu berarti membuat spanduk atau banner karena tidak selamanya cara ini efektif. Tetapi jangan lupa pasang papan nama besar dan mencolok terutama kalau Anda mendirikan usaha di kawasan dengan persaingan ketat.

Promosi bisa dilancarkan dengan iklan pada media social, melalui media cetak atau brosur. Terapkan model promosi lain seperti dengan memberikan bonus cuci motor untuk pelanggan disertai syarat dan aturan khusus seperti get 1 for 5 atau gratis cuci 1 kali untuk pencucian 5 kali.

      3. Layanan

Jangan lengah dalam layanan Anda, pastikan kualitas pengerjaan pencucian motor, kebersihan motor yang optimal, Hasil akhir yang berkilap dan tahan lama, keramahan Anda dan staf, hingga ruang tunggu yang nyaman dan bersih. Beberapa kali kami menemukan usaha steam motor yang memberikan layanan pemesanan minuman kepada konsumennya sebagai nilai jual.

Jadi, apakah Anda masih bingung menemukan ide usaha? Cukup dengan modal niat dan kesungguhan, maka segala jenis peluang bisa Anda olah termasuk usaha steam motor.

(sumber gambar artikel usaha steam motor : www.dutchpickle.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =