usaha tanpa modal hasil melimpahTak sedikit orang yang mengaku memiliki ide bisnis yang brilian tetapi memilih mengurungkan idenya hanya karena alasan modal.

Padahal sudah banyak pebisnis besar dunia yang mengatakan bahwa modal bukan segalanya, meski tak dipungkiri setiap bisnis membutuhkan modal.

Namun Anda sebenarnya tetap bisa memulai usaha tanpa modal hasil melimpah.

Yaa…hasil melimpah, karena setiap bisnis bahkan yang dimulai dari angka minimalis tetap memiliki peluang untuk mencapai kesuksesan dengan hasil berlimpah asal dijalankan dengan konsekuen dan kesungguhan.

Tetapi bagaimana bila memang Anda tak memiliki modal sama sekali untuk merealisasikan ide bisnis  Anda. Maka menurut seorang penulis bisnis ternama yang juga dipercaya sebagai salah satu penulis Forbes, Ryan Westwood, yang Anda perlukan adalah niat besar Anda untuk menyingsingkan lengan Anda dan terjun ke dalam bisnis tersebut dengan cara yang cerdas.

Lalu bagaimana seharusnya memulai usaha tanpa modal hasil melimpah ini? Beberapa poin yang sempat disampaikan oleh Ryan Westwood ini mungkin bisa membantu dan memandu Anda.

  1. Jual jasa untuk mendapatkan arus kas

Anda bisa saja memiliki ide bisnis yang berbasis produk barang, namun ketika Anda tak memiliki cukup modal untuk memulai produksi, maka yang Anda perlu lakukan adalah memutar otak untuk menemukan modal di awal.

Dan salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan menjual jasa, mungkin masih berkaitan dengan produk barang yang Anda akan jual nantinya, kepada pihak lain. Ambil contoh, produk Anda adalah sebuah program akuntansi, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan sistem akuntansi untuk sebuah perusahaan di kota Anda untuk titik awal usaha.

Justru referensi yang Anda peroleh dari klien pertama Anda sekaligus nilai pembayaran yang Anda dapatkan bisa menjadi satu pijakan untuk Anda memulai usaha program akuntansi.

  1. Fokus pada reseller

Selain dengan memulai dengan menjual jasa, Anda bisa memulai dengan melakukan reseller untuk produk yang memiliki keselarasan dengan produk yang akan Anda produksi. Cara ini akan membantu Anda dalam memulai usaha. Misalkan saja, dengan mencari supplier jilbab dan mukena ketika Anda berniat untuk membuka sebuah brand produk pakaian muslim.

Sebagaimana dalam cara pertama dimana Anda bisa mendapatkan sekaligus dua keuntungan yakni modal sekaligus referensi dari klien pertama Anda. Dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan dua keuntungan yakni arus kas untuk modal Anda dan pasar yang siap Anda olah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here