usaha tanpa modal hasil melimpahTak sedikit orang yang mengaku memiliki ide bisnis yang brilian tetapi memilih mengurungkan idenya hanya karena alasan modal.

Padahal sudah banyak pebisnis besar dunia yang mengatakan bahwa modal bukan segalanya, meski tak dipungkiri setiap bisnis membutuhkan modal.

Namun Anda sebenarnya tetap bisa memulai usaha tanpa modal hasil melimpah.

Yaa…hasil melimpah, karena setiap bisnis bahkan yang dimulai dari angka minimalis tetap memiliki peluang untuk mencapai kesuksesan dengan hasil berlimpah asal dijalankan dengan konsekuen dan kesungguhan.

Tetapi bagaimana bila memang Anda tak memiliki modal sama sekali untuk merealisasikan ide bisnis  Anda. Maka menurut seorang penulis bisnis ternama yang juga dipercaya sebagai salah satu penulis Forbes, Ryan Westwood, yang Anda perlukan adalah niat besar Anda untuk menyingsingkan lengan Anda dan terjun ke dalam bisnis tersebut dengan cara yang cerdas.

Lalu bagaimana seharusnya memulai usaha tanpa modal hasil melimpah ini? Beberapa poin yang sempat disampaikan oleh Ryan Westwood ini mungkin bisa membantu dan memandu Anda.

  1. Jual jasa untuk mendapatkan arus kas

Anda bisa saja memiliki ide bisnis yang berbasis produk barang, namun ketika Anda tak memiliki cukup modal untuk memulai produksi, maka yang Anda perlu lakukan adalah memutar otak untuk menemukan modal di awal.

Dan salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan menjual jasa, mungkin masih berkaitan dengan produk barang yang Anda akan jual nantinya, kepada pihak lain. Ambil contoh, produk Anda adalah sebuah program akuntansi, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan sistem akuntansi untuk sebuah perusahaan di kota Anda untuk titik awal usaha.

Justru referensi yang Anda peroleh dari klien pertama Anda sekaligus nilai pembayaran yang Anda dapatkan bisa menjadi satu pijakan untuk Anda memulai usaha program akuntansi.

  1. Fokus pada reseller

Selain dengan memulai dengan menjual jasa, Anda bisa memulai dengan melakukan reseller untuk produk yang memiliki keselarasan dengan produk yang akan Anda produksi. Cara ini akan membantu Anda dalam memulai usaha. Misalkan saja, dengan mencari supplier jilbab dan mukena ketika Anda berniat untuk membuka sebuah brand produk pakaian muslim.

Sebagaimana dalam cara pertama dimana Anda bisa mendapatkan sekaligus dua keuntungan yakni modal sekaligus referensi dari klien pertama Anda. Dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan dua keuntungan yakni arus kas untuk modal Anda dan pasar yang siap Anda olah.

  1. Jangan ragu untuk tangani sendiri

Kebanyakan orang berpikir untuk memulai usaha langsung dari skala besar, dengan banyak karyawan yang siap menyokong setiap lini dari usaha Anda. Kalau Anda tak memiliki modal, jelas itu mustahil.

Jadi tekadkan untuk memulai usaha dengan keringat Anda sendiri, toh di awal kebanyakan usaha masih relatif sederhana dan belum terlalu kompleks. Anda bisa memasarkan sendiri, mengatur keuangan dan mencatat arus kas Anda sendiri, bahkan turut turun dalam proses produksi.

Keringat Anda memang tidak akan secara langsung memberi Anda hasil, sampai Anda sadari Anda mulai kewalahan mengelola usaha Anda. Di saat inilah Anda bisa mengintip hasil dalam rekening Anda, mungkin untuk mulai mencari beberapa karyawan.

  1. Telusuri tiap sumber modal

Dewasa ini sebenarnya ada banyak jasa permodalan, sampai program-program yang sengaja menyasar pada para pelaku usaha muda dengan modal minim bahkan tanpa modal. Yang Anda perlukan adalah menelusuri tiap sumber-sumber informasi sumber modal.

Ada beberapa program pemerintah, program dukungan dari beberapa instansi swasta, perkoperasian, perbankan, dukungan dari kampus-kampus untuk alumni, bahkan beberapa investor mandiri yang secara sukarela menyediakan sebagian dana mereka untuk diputar di kalangan pengusaha muda.

Tentu saja untuk bisa mendapatkan modal dari sumber-sumber ini Anda perlu mematangkan produk Anda, konsep usaha Anda juga detil rencana keuangan. Karena dari sinilah mereka menilai kelayakan ide usaha Anda untuk direalisasikan.

  1. Cari cara berbeda

Ide bisnis kadang tak selalu harus berkisar pada produk baru, inovatif atau temuan baru. Bilapun Anda memiliki ide usaha yang sebenarnya sudah banyak berkembang atau malah bisnis klasik, Anda masih bisa memulai usaha Anda. Tetapi sebagai pemain baru, Anda perlu membuat usaha Anda memiliki nilai lebih yang membuat banyak pihak tertarik.

Anda punya dua kepentingan di sini, bagaimana produk Anda menarik bagi pasar dan bagaimana usaha  Anda menarik dimata pemodal. Dan menjadi berbeda bisa menjadi satu pilihan jitu. Berbeda tak lantas harus ide anyar, tetapi ide klasik dengan beberapa inovasi dan terobosan bisa membuat Anda memiliki nilai lebih dengan ide usaha Anda ini.

Jadi masih ingin mengeluhkan alasan klasik ketika Anda mengurungkan niat memulai bisnis baru Anda? Modal memang penting dalam memulai usaha, tetapi ternyata yang memulai usaha tanpa modal hasil melimpah itu bukan sebuah kemustahilan kan?

(sumber gambar usaha tanpa modal hasil melimpah : www.hanakko.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 2 =