usaha toko selang hidrolikAda sangat banyak usaha yang masih memiliki kesempatan super luas untuk Anda jelajahi. Asal Anda bersedia melihat lebih jauh dari biasanya.

Salah satunya adalah usaha toko selang hidrolik potensial. Cukup dengan bermodal beberapa mesin, terutama mesin press hose, Anda bisa memulai usaha toko selang hidrolik ini.

Usaha toko selang hidrolik? Usaha apaan tuh? Nah itu dia, Anda mungkin baru denger kan? Itu dia potensi besarnya. Sebenarnya  banyak sekali permintaan untuk jasa dari usaha selang hidrolik ini.

Tetapi tidak banyak pelaku usaha yang terjun pada usaha ini. Malah tidak banyak yang usaha selang hidrolik ini menghasilkan produk atau jasa apa? Apa peran mesin presss hose dalam usaha ini?

Ok, satu-satu ya… Saya kasih gambaran dulu apa sih usaha selang hidrolik itu. Usaha ini kerap kali juga dikenal dengan istilah bengkel hidrolik. Anda menyediakan jasa perakitan selang hidrolik untuk banyak industri dalam banyak bidang.

Baca Juga : Potensi Usaha Yang Menjanjikan, Bengkel Modifikasi Motor

Beberapa diantaranya adalah usaha perbengkelan otomotif, pembangunan pabrik dan assembling alat berat yang membutuhkan peran sistem hidrolik dalam proses kerjanya. Cukup luas kan pasar dari usaha potensial ini?

Inilah yang menarik, Anda bisa lihat sendiri kalau pasar dari usaha ini adalah kalangan menengah ke atas. Artinya di sini Anda bisa mengembangkan usaha dengan membandrol harga jasa Anda lebih baik. Toh jasa Anda memang bernilai manfaat ekonomi tinggi dan membutuhkan peralatan dan teknik tinggi.

Salah satu peralatan berteknologi khusus yang mutlak Anda miliki dalam menjalankan roda usaha ini adalah mesin press hose. Nah…mesin press hose ini adalah mesin yang berfungsi sebagai alat pembentukan selang hidrolik. Selang hidrolik bukan sebuah selang biasa.

Anda bisa mengenali selang hidrolik pada selang yang digunakan pada mesin pompa bensin, selang air tekanan tinggi, selang power steering kendaraan bermotor, selang radiator, selang oli hingga selang dan pipa hidrolik industri yang biasa untuk industri besar, kereta api dan pertambangan.

Mesin press hose ini menjadi andalan utama proses produksi dalam usaha selang hidrolik karena hanya dengan mesin press hose yang memiliki tekanan sangat tinggi dengan akurasi pressisi yang juga tinggi yang mampu menghasilkan hose atau selang tepat.

Pada nantinya, selang ini akan menjadi jalur aliran likuid dalam sistem hidrolik. Sistem hidrolik memiliki tekanan tinggi, jadi jenis selang yang bisa digunakan haruslah selang yang toleran dengan tekanan tinggi.

Bicara soal mesin press hose hydraulic yang mungkin untuk Anda terasa sepenuhnya asing ini, saya akan coba gambarkan secara sederhana cara kerja mesin ini. Moga-moga mudah Anda pahami ya… Soalnya mesin ini bekerja secara teknikal banget, jadi memang lebih enak Anda lihat sendiri cara kerjanya.

Jadi mesin press hose ini bekerja dengan memanfaatkan sistem udara tekanan tinggi untuk membentuk sebuah selang dari bahan karet kualitas terbaik. Mesin ini akan merapatkan partikel karet hingga dalam komposisi yang sangat rapat.

Pada sisi lain karet yang dipadatkan ini juga harus mampu tetap fleksibel dan tahan untuk berada dalam lekukan. Soalnya kalau seandainya selang ini mengalami kebocoran pada saat proses hidrolik berjalan bisa fatal.

Kalau selang hidroliknya cuman Anda pakai untuk usaha salon dan cuci mobil sih mending, kalau Anda pakai untuk saluran bahan bakar pada mesin berat, bisa-bisa mesinnya terbakar habis. Itu pula sebabnya biasanya selang hidrolik ini juga dilapis dengan selang per baja, untuk melindungi lapisan dalam selang dari gesekan. Mirip-mirip sama selang tabung gas di dapur Anda lah.

Mesin press hose juga bisa membuat pipa hidrolik. Sistem pembuatannya sama, hanya saja mesin press hosenya harus yang memiliki tekanan lebih besar, karena pipa terbuat dari bahan baja yang keras. Biasanya industri besar macam pertambangan dan industri besar lain lebih memilih pipa hidrolik karena lebih tahan tekanan dan lebih tahan lama.

Nah kembali pada usaha selang hidrolik tadi, usaha ini cukup menjanjikan. Dengan modal kisaran 50 juta, Anda bisa membukukan hasil setidaknya sekitar 8 jutaan perbulan, bersih lho…7 bulan usaha Anda sudah BEP kan?

Tapi untuk kali ini saya tidak akan membahas detil mengenai konsep usaha ini secara menyeluruh, mungkin lain waktu. Saat ini saya baru sekedar perkenalan dulu mengenai usaha ini dan konsep penggunaan mesin press hose ini dalam usaha Anda. Sampai ketemu pada pembahasan detail usaha toko selang hidrolik lain waktu ya…

(sumber gambar artikel usaha toko selang hidrolik : www.alltech-laos.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 10 =