usaha travel agentPeluang Bisnis Besar Dari Usaha Travel Agent Online – Demikian pesatnya perkembangan dari teknologi komunikasi di Indonesia menciptakan demikian mudahnya setiap orang kini untuk dapat mengakses internet. Kemudahan ini memicu banyak orang mulai melihat sarana ini sebagai media bisnis yang menarik. Ini membuat banyak orang melirik metode online untuk setiap jenis produk, apapun itu. Termasuk pula usaha travel agent.

Bila di masa lalu untuk bisa membangun sebuah usaha travel agent terbilang cukup rumit dan akan memakan biaya besar. Pasalnya pemilik harus mendaftarkan jasanya ke berbagai vendor transportasi untuk bisa mengkoneksi penjualan tiket mereka.

Baca Juga : 6 Usaha Yang Lagi Trend Dengan Kreativitas Tinggi

Namun kini untuk bisa membuka usaha travel agent, Anda tak lagi harus menguras tabungan Anda sampai habis atau harus dibuat ribet dengan beragam prosedur. Karena kini tersedia berbagai metode  keagenan usaha travel agent yang terintregasi dan dengan mudah anda operasikan. Termasuk untuk Anda jalankan secara online.

Di lihat dari potensi pasar dari usaha travel agent online, harus kita akui bisnis satu ini cukup meyakinkan untuk Anda jajal. Menurut Riswana Bachtiar, CEO dari Air Wisata Tours and Travel, permintaan perjalanan antar kota belakangan ini memang terbilang tinggi.

Ini adalah imbas dari maraknya berbagai blog wisata yang menjamur di dunia maya layaknya cendawan di musim penghujan. Blog wisata ini mendorong banyak orang untuk merencanakan perjalanan wisata mereka lebih kerap disbanding tahun-tahun lalu.

Apalagi setidaknya tiap tahun terdapat beberapa masa akhir pekan panjang, diluar musim liburan tengah tahun dan akhir tahun yang turut berperan meningkatkan permintaan perjalanan wisata. Ini belum menghitung potensi dari pelaku perjalanan bisnis yang juga terbilang tinggi.

Dan berkat kemudian dari dunia internet, sistem usaha travel agent online dibuat menjadi jauh lebih praktis. Untuk melayani permintaan yang diyakini malah akan semakin meningkat di tahun-tahun kedepan ini dapat dengan mudah Anda manfaatkan.

Menurut Riswana Bachtiar yang juga seorang tim pakar dari Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia, Astindo untuk memulai usaha satu ini tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya memerlukan perangkat gadget seperti PC, jaringan internet yang cukup memadai, telepon serta  printer. Artinya kisaran modal yang Anda perlukan tidak akan melebihi 10 juta, bahkan bisa Anda mulai dengan modal 4 jutaan saja. Dan yang menarik, semua ini bisa Anda mulai hanya dari kamar Anda.

Akses data 24 jam dari dunia internet membuat Anda juga bisa melayani kebutuhan 24 jam tanpa Anda harus duduk manis di depan PC sepanjang hari, karena di sini sudah tersedia aplikasi modern dengan jaringan internet yang melayani konsumen 24 jam secara otomatis. Semua kebutuhan perjalanan wisata bisa Anda sediakan mulai dari tiket kendaraan eperti tiket kereta, pesawat dan kapal juga akomodasi atau penginapan dari beragam kelas harga.

Untuk bisa mengakses sistem transaksi praktis dengan aplikasi ini yang Anda butuhkan hanya membeli sistem waralaba usaha travel agent. Secara umum biaya yang Anda butuhkan untuk membeli hak waralaba ini berkisar 3 – 5 jutaan.  Biasanya pelaku usaha bisnis travel online semacam ini akan mendapat kode agen yang digunakan untuk melakukan transaksi pada aplikasi transaksi yang disediakan oleh perusahaan induk.

Untuk Anda yang bermodal lebih kuat, bisa saja Anda membeli aplikasi khusus yang biasanya dikenakan biaya sekitar 200 juta. Di sini secara otomatis Andalah induk usaha yang mengelola langsung operasi pemesanan dari seluruh agen yang Anda miliki. Ini artinya justru Anda yang membangun jaringan agen untuk usaha travel agent online Anda ini.

Lalu berapa potensi hasil yang bisa Anda dapatkan dari usaha travel agent online ini. Untuk usaha skala kecil, Anda bisa mendapatkan omset bulanan kisaran 5 sampai 10 jutaan tiap bulan. Tetapi untuk usaha induk, Anda bisa mengeruk hasil tak kurang dari 30 juta bahkan lebih tergantung pada jumlah agen yang Anda miliki.

Lalu bagaimana menarik minat pasar untuk membeli tiket transportasi dan memesan hotel atau penginapan dari usaha travel agent online milik Anda? Sementara pasar ini sendir sudah cukup dipadati persaingan yang ketat.

Beberapa memilih cara klasik dengan aktif memasang iklan melalui google ads, karena terbukti sebagian besar usaha mengakui adanya efek positif pemasangan iklan pada google ads dengan penjualan. Tetapi ide-ide unik seperti kerjasama dengan koperasi mahasiswa di perkampusan atau koperasi karyawan di beberapa perusahaan atau kerjasama dengan blog-blog wisata bisa pula menjadi ide menarik.

Baca Juga : Usaha Modal 2 Juta dengan Jajanan Siomay

Bangun blog wisata Anda sendiri yang mempromosikan berbagai destinasi wisata menarik di berbagai kota di Indonesia, lengkap dengan informasi seputar jalur dan kuliner akan membantu Anda mendatangkan pengunjung yang nantinya bisa menjadi konsumen potensial untuk bisnis Anda.

Beberapa usaha travel agent murah juga membangun jalinan kerjasama dengan usaha rental, usaha kuliner, usaha souvenir dan usaha oleh-oleh untuk membantu mempromosikan penjualan. Di sisi lain Anda bisa membantu mempromosikan usaha rekan Anda melalui blog yang Anda bangun.

Tidak bisa kami pungkiri, untuk masuk dalam usaha travel agent online, Anda harus siap dengan persaingan yang ketat. Tetapi ada begitu banyak cara kreatif untuk mendorong bisnis ini mampu bersaing ketat dan mendatangkan Anda hasil besar untuk bisnis Anda.

(sumber gambar artikel usaha travel agent : tavisca.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =