usaha yang lagi trendTahun 2015 memang perkembangan dunia usaha dalam bidang bisnis kreatif sedang relatif marak. Beberapa usaha yang lagi trend cenderung bergerak dalam industri kreatif.

Mungkin juga ada kaitannya dengan propaganda yang banyak digiatkan pemerintah untuk menggiring masyarakat memilih untuk terjun dalam bisnis kreatif alih-alih membiarkan semakin banyaknya pengangguran di Indonesia.

Konon dalam beberapa ulasan juga disampaikan mengenai adanya asumsi kemungkinan kekuatan industri kreatif di Indonesia mengambil peran besar dalam menjaga daya tahan ekonomi Indonesia dalam menghadapi penurunan laju ekonomi dunia dalam 1 tahun belakangan ini.

Dan belakangan propaganda tersebut sudah semakin direalisasikan dengan banyaknya sistem permodalan yang disiapkan untuk membantu mendongkrak perkembangan usaha kreatif dan membantu meningkatkan laju peningkatan daya peran pelaku usaha dalam industri kreatif.

Apa saja yang bisa digolongkan dalam industri kreatif? Apa usaha yang lagi trend dalam industri ini? Berikut ini beberapa daftarnya.

  • Industri kuliner

Usaha kuliner rupanya termasuk dalam daftar usaha yang lagi trend dalam lingkup industri kreatif. Tidak dapat dipungkiri, untuk bisa menghadirkan hidangan dengan rasa dan tampilan memikat selera, tetap memerlukan kreativitas yang tinggi. Bahkan kreativitas semakin diperlukan ketika Anda akan membangun sebuah inovasi kuliner yang belum ada sebelumnya.

Baca Juga : Usaha Nasi Goreng Dan Seluk Beluk Inovasinya

Memadukan beragam bumbu, resep dan teknik masak yang berbeda tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, perlu kemahiran dan kreatifitas tinggi untuk dapat menghasilkan makanan yang mampu menarik minat pasar. Dan itu sebabnya salah satu usaha dalam dunia kreatif yang banyak diminati adalah usaha kuliner.

  • Industri craft

Kerajinan tangan merupakan salah satu hal yang sangat berkait erat dengan kreatifitas. Anda bisa membuat beragam aksesoris, tas, perhiasan, sepatu serta segala jenis ide kreatif lain yang berbasis handmade. Usaha yang lagi trend dengan produk industri craft ini memiliki pasar sangat besar dan berpotensi menembus pasar internasional bila dikembangan dan dipasarkan dengan tepat.

  • Industri organik

Dalam 1 – 2 tahun ini industri bidang produk organik memang sedang menjadi trend. Produk organik adalah segala sesuatu yang berbau makanan organik, pewarna alami, herbal, sampai pakaian dengan bahan organik, bahan daur ulang dan segala sesuatu yang terkait dengan konsep produk sehat, alami atau cinta lingkungan.

Untuk menghasilkan produk organik yang menarik di pasar, kadang memang cukup dengan memasang jaminan organik, seperti pada makanan atau bahan makanan. Tetapi untuk produk pakaian dan daur ulang, Anda perlu membuatnya tampil lebih dari sekedar membawa jargon organik dan alami karena mereka tetap harus bersaing dengan pasar produk konvensional dan disinilah kreatifitas muncul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here